ADVERTORIAL: DPRD Sulut Tetapkan Ranperda Perubahan Kedua Pajak dan Retribusi

ADVERTORIAL: DPRD Sulut Tetapkan Ranperda Perubahan Kedua Pajak dan Retribusi

DPRD Sulawesi Utara akhirnya menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Kedua nomor 7 tahun 2011 tentang Pajak dan nomor 1 tahun 2012 tentang Retribusi, Jumat (27/4/2018) lalu.

Sebelumnya, enam fraksi, yaitu Fraksi PDIP, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Restorasi Nurani untuk Keadilan dan Fraksi Amanah Keadilan menyampaikan pendapat akhir mereka yang menyatakan sepakat dua Ranperda tersebut ditetapkan oleh DPRD.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Noldy Lamalo membacakan hasil kerja mereka terkait dengan Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda Pajak.

Lamalo menjelaskan ada sejumlah pasal yang mengalami penambahan maupun penyesuaian. Seperti menyangkut pemasangan alat untuk mengukur pajak air permukaan khusus untuk PLTA, termasuk juga dengan pemanfaatan alat-alat berat perusahan pertambangan, pembelian BBM oleh perusahan dikenakan biaya.

Sedangkan Ranperda perubahan kedua atas Perda Retribusi dibacakan Sekretaris Pansus Marvel Dicky Makagansa. Ia menyampaikan Pansus meminta agar dengan disetujuinya perubahan atas retribusi diharapkan terjadinya kenaikan PAD sebesar 6,5 persen, serta Pemprov menyiapkam SDM dan melalukan sosialisasi atas Perda ini sehingga diketahui masyarakat.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow sendiri memastikan Perda yang ditetapkan ini tidak akan memberatkan masyarakat, namun diharapkan dapat dilaksanakam secara baik untuk Sulut kedepan yang lebih hebat. (***)

Diterbitkan pada 30 April 2018

Editor: Ronny A. Buol