Putra Talaud Ini Wakili Sulut Masuk Skuad Garuda Muda Indonesia

Reporter ZonaUtara
Penulis Reporter ZonaUtara



MANADO, ZONAUTARA.com – Terpilih mewakili Sulawesi Utara (Sulut) untuk masuk dan memperkuat skuad Garuda Muda Indonesia dalam pertandingan Borneo Cup di Malaysia pada 25-30 September 2017 menjadi kebanggaan tersendiri Owen Gedoan.

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud, ini bercerita, dia mulai tertarik sepak bola sejak usia sembilan tahun.

“Waktu itu saya masih sekolah dasar (SD) kelas IV. Setiap harinya saya latihan bersama teman-teman di Pantai Rainis,” ujar Owen saat bertandang ke kantor redaksi Zona Utara, Jumat (22/9/2017).

Dia menceritakan, karena ketertarikannya di sepak bola, dia akhirnya memutuskan mengikuti ekstrakurikuler olahraga itu. Owen akhirnya memutuskan bergabung di perkumpulan Rainis Moong FC.

“Dari situ saya akhirnya mengikuti pertandingan dengan teman-teman di perkumpulan Rainis Moong FC. Pertandingan pertama yang saya ikuti yaitu Pekan Olahraga Daerah (Popda) antarkecamatan. Waktu itu kami hanya meraih peringkat empat,” ujar Owen sambil tersenyum.

Dan akhirnya, kata dia, perkumpulan Rainis Moong berkesempatan mengikuti pertandingan Menpora Cup U-16 Region Kabupaten Talaud dan meraih juara 1.

“Pada 12 agustus 2017 lalu, kami mewakili Kabupaten Talaud di tingkat Provinsi Sulut dalam lomba memperebutkan Piala Pangdam XIII/Merdeka Liga Menpora U-16 antar kabupaten/kota. Dan kami meraih juara 3,” ujar anak tercinta dari Marswell Gedoan dan Marhani Ansik ini.

Dia berharap, bisa memperkuat tim Garuda Muda Indonesia dalam lomba di Malaysia dan menjadi yang terbaik untuk masyarakat Sulut serta menjadi kebanggan orang tua.

Bobby Sukari, pelatih Forza Manado yang dipercayakan menyeleksi atlet berbakat Sulut untuk masuk Garuda Muda Indonesia, mengatakan, dirinya memilih Owen untuk bergabung dengan Garuda Indonesia Muda karena sudah melihat potensi dalam diri anak itu.

“Selama tiga tahun ini sudah terjalin kerja sama antara Forsa Manado dan Garuda Indonesia Muda,” jelas Bobby.

Lebih jauh dia menjelaskan, saat piala Pangdam XIII/Merdeka, permainan Owen di lapangan hijau sangat menarik. Akhirnya dia memutuskan memilih anak ketiga pasangan Marwel Gedoan dan Marhani Ansik itu untuk mewakili Forsa Manado di ajang Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI).

“Karena rekomendasi panitia, pengurus meminta saya memutuskan satu hingga dua pemain untuk bergabung di Indonesia Muda pada pertandingan di Malaysia pada Borneo Cup yang akan dilaksanakan pada 25 – 30 September, nanti,” katanya.

Dari segi permainan, usia yang dibutuhkan oleh pengurus Garuda Indonesia Muda yaitu kelahiran tahun 2004 sedangkan yang ada di tim-tim lain itu kelahiran 2002 dan 2003.

“Selain karena faktor usia, saya memilih owen karena ingin mengangkat Kabupaten Talaud di bidang sepak bola untuk berlaga di tingkat nasional dan Asia. Karena bagi saya, anak-anak Talaud banyak talenta dan prestasi,” tambahnya.

Forsa Manado, kata dia, sudah beberapa kali mengikuti turnamen di Jabodetabek. Pernah juga juara di Bandung, Jakarta, Semarang dan Balikpapan.

Sementara itu, Marswel Gedoan, ayah tercintanya, mengatakan, potensi anaknya di orahraga sepak bola telah diketahuinya sejak Owen duduk di kelas IV SD.

“Waktu itu, dia meminta kami untuk membelikan bola kaki,” ujarnya.

Setelah membelikan bola untuk Owen, kata Marswel, setiap harinya dia bersama teman-temannya latihan.

“Tentu sebagai orang tua, kami memberikan kesempatan untuk Owen berprestasi. Kami berharap, dia bisa menjadi pemain sepak bola yang professional dan bisa menjadi kebanggan Talaud,” harapnya.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com