Connect with us

FOTO

FOTO: Watu Pinawetengan Awal Mula Peradaban Suku Minahasa

Watu Pinawetengan ini telah menjadi wisata budaya di Sulawesi Utara. Di tempat ini ada batu yang selama ribuan tahun terus dirawat karena erat kaitan dengan sejarah Minahasa. Batu ini berbentuk seperti batu pada umumnya.

Published

on

zonautara.com

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Watu Pinawetengan menjadi awal mula peradaban Suku Minahasa. Dalam bahasa Minahasa, Watu berarti batu dan Pinawetengan berarti tempat pembagian. Di tempat yang berlokasi di  Desa Pinawetengan, Kecamatan Tompaso, Minahasa inilah yang menjadi tempat pembagian wilayah sembilan sub etnis Minahasa. Di antaranya Tountemboan, Tombulu, Tonsea, Tolour, Tonsawang, Pasang, Penosakan, Bantik dan Siau.

Watu Pinawetengan ini telah menjadi wisata budaya di Sulawesi Utara. Di tempat ini ada  batu yang selama ribuan tahun terus dirawat karena erat kaitan dengan sejarah Minahasa. Batu ini berbentuk seperti batu pada umumnya.

Namun ukurannya cukup besar dengan panjang sekitar empat meter, lebar dua meter, dan tinggi sekitar satu setengah meter. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bentuk batu ini seperti orang yang bersujud pada Tuhan.

Terdapat guratan buah tangan manusia di permukaan batu ini. Goresan di batu ini dipercaya sebagai hasil perundingan suku-suku di Minahasa. Bentuknya beraneka ragam yang diartikan sebagai simbol dari manusia pertama Minahasa. Yakni simbol laki-laki yang bernama Toar, dan perempuan yang bernama Lumimuut. Serta guratan tak beraturan tanpa makna. (K09)

 

Editor: Ronny A. Buol

Comments

comments

Click to comment

Komentar

FOTO

FOTO: Ini Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2569

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com Malam Tahun Baru Imlek 2569 dipusatkan di depan Kampung Cina, Jalan DI Panjaitan, Kota Manado berlangsung semarak. Ribuan umat Tridharma di Kota Manado maupun warga tumpah ruah di jalan yang diapit Klenteng Kwan Kong dan Ban Hing Kiong itu.

Berbagai acara disiapkan pihak panitia untuk menghibur masyarakat yang datang untuk menunggu malam Tahun Baru Imlek, Jumat (16/2/2018).

Berikut sebagian foto-foto yang diabadikan wartawan Zonautara.com saat berada di lokasi.

 

Editor: Eva Aruperes

This slideshow requires JavaScript.

 

Comments

comments

Continue Reading

FOTO

FOTO: Berburu Souvenir Di Hari Kasih Sayang

Published

on

zonautara.com
Karyawan sebuah toko souvenir berpose di depan kamera wartawan Zona Utara.(Foto: zonautara.com/Tonny Rarung)

MANADO, ZONAUTARA.com  Ajang Valentine Day’s memberi berkah tersendiri bagi sejumlah toko souvenir. Banyak masyarakat yang berburu pernak-pernik Hari Kasih Sayang, terutama kalangan anak-anak sekolah.

Berikut ini kami sajikan sebagian foto yang diabadikan kamera wartawan Zona Utara di beberapa toko souvenir di Kota Manado.

 

Editor: Rahadih Gedoan

This slideshow requires JavaScript.

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: