Connect with us

FOTO

FOTO: Watu Pinawetengan Awal Mula Peradaban Suku Minahasa

Watu Pinawetengan ini telah menjadi wisata budaya di Sulawesi Utara. Di tempat ini ada batu yang selama ribuan tahun terus dirawat karena erat kaitan dengan sejarah Minahasa. Batu ini berbentuk seperti batu pada umumnya.

Published

on

zonautara.com

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Watu Pinawetengan menjadi awal mula peradaban Suku Minahasa. Dalam bahasa Minahasa, Watu berarti batu dan Pinawetengan berarti tempat pembagian. Di tempat yang berlokasi di  Desa Pinawetengan, Kecamatan Tompaso, Minahasa inilah yang menjadi tempat pembagian wilayah sembilan sub etnis Minahasa. Di antaranya Tountemboan, Tombulu, Tonsea, Tolour, Tonsawang, Pasang, Penosakan, Bantik dan Siau.

Watu Pinawetengan ini telah menjadi wisata budaya di Sulawesi Utara. Di tempat ini ada  batu yang selama ribuan tahun terus dirawat karena erat kaitan dengan sejarah Minahasa. Batu ini berbentuk seperti batu pada umumnya.

Namun ukurannya cukup besar dengan panjang sekitar empat meter, lebar dua meter, dan tinggi sekitar satu setengah meter. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bentuk batu ini seperti orang yang bersujud pada Tuhan.

Terdapat guratan buah tangan manusia di permukaan batu ini. Goresan di batu ini dipercaya sebagai hasil perundingan suku-suku di Minahasa. Bentuknya beraneka ragam yang diartikan sebagai simbol dari manusia pertama Minahasa. Yakni simbol laki-laki yang bernama Toar, dan perempuan yang bernama Lumimuut. Serta guratan tak beraturan tanpa makna. (K09)

 

Editor: Ronny A. Buol

Comments

comments

Click to comment

Komentar

FOTO

IMAJI: Melasti Sambut Nyepi

Upacara itu digelar di God Bless Park Manado.

Published

on

zonautara.com
Foto-foto: Tonny Rarung

Umat Hindu di Kota Manado menggelar Upacara Melasti, Rabu (14/3/2018) untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 Tahun 2018, pada Sabtu (17/3/2018) mendatang. Upacara itu digelar di God Bless Park Manado.

 

Foto: Tonny Rarung

Editor: Ronny A. Buol

 

Comments

comments

Continue Reading

FOTO

IMAJI: Datangilah Siau, Nirwana Dan Mite Karangetang

Ini adalah soal perjumpaan pulau eksotis memesona, dan pastikan anda berada di sana.

Published

on

zonautara.com

Pulau Siau di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara adalah nirwana yang menyajikan eksotika alamnya. Sitaro adalah kabupaten kepulauan dengan 80 persen penduduknya menggantungkan hidup dari laut. Wilayah ini punya 145 KM garis pantai dan punya danau di atas pulau Makalehi. Tak itu saja, Karangetang yang dijuliki the real volcano adalah mite yang dikultuskan. (Foto-foto: Ronny A. Buol)

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: