Khawatir Mie Mengandung Boraks, Cobalah Mie Buah Naga

Lukman Polimengo
Penulis Lukman Polimengo



MANADO, ZONAUTARA.com – Mengonsumsi mie apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, memberi kenikmatan tersendiri bagi yang menyantapnya.

Namun, kadangkala kita merasa khawatir, mie yang kita konsumsi itu tidak aman alias mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, seperti Boraks dan Formalin.

Ternyata, ada alternatif lain bagi para penikmat mie yang khawatir dengan mie biasa yang mengandung boraks, yakni mie yang berbahan dasar buah naga merah. Berikut ini cara membuat mie yang sehat berbahan dasar buah naga merah.

Di Desa Pohijo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, hampir setiap warga menanam buah naga merah di pekarangan rumah.

Saat berbuah dalam jumlah banyak, ada yang dibawa ke pasar untuk dijual, ada juga yang dikonsumsi sendiri, salah satunya dengan mengolahnya menjadi mie. Tidaklah sulit mengolah buah naga menjadi mie.

Pertama, siapkan 250 Gram tepung terigu protein tinggi, satu butir telur, garam secukupnya dan tentu saja beberapa irisan buah naga merah.

Jika semua bahan lengkap tersedia, mulailah dengan mencampur bahan tepung, telur dan garam. Ketiga bahan ini dicampur hingga rata lalu diamkan selama 10 menit.

Sementara adonan didiamkan, potonglah buah naga merah kecil-kecil, beri sedikit air lalu diblender. Setelah itu, adonan tepung dan telur diaduk kembali, sambil buah naga yang telah diblender dicampurkan sedikit demi sedikit hingga rata.

Adonan tersebut kemudian digiling dan dibentuk seperti mie. Namun, jangan lupa untuk menaburkan adonan mie tersebut dengan tepung terigu agar supaya tidak lengket.

Langkah selanjutnya, rebuslah mie yang sudah dibentuk hingga terapung, lalu tiriskan. Namun, jangan lupa dipercik dengan minyak untuk menjaganya supaya tidak lengket.

Setelah mie tersebut dingin, bisa disimpan di lemari pendingin yang bisa tahan dua atau tiga hari, atau bisa juga langsung diolah. Selain banyak manfaat dari buah naga merah itu sendiri, mie ini dijamin paling aman untuk dikonsumsi.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com