Connect with us

HUKUM & KRIMINAL

Didatangi Tim KPK? Ini Jawaban Pihak Unsrat

Published

on

zonautara.com
Tim KPK (baju batik merah) meninggalkan gedung Rektorat Unsrat, Selasa (13/2/2018).(Foto: zonautara.com/Lukman Polimengo)

MANADO, ZONAUTARA.com – Juru Bicara Unsrat Hesky Kolibu memberikan keterangan atas kedatangan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Pusat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (13/2/2018).

Menurutnya, kedatangan KPK ke Unsrat untuk melakukan klarifikasi soal hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Daerah Sulawesi Utara. Sebab, berdasarkan audit BPK terungkap adanya kelebihan pembayaran yang dilakukan pihak Unsrat terhadap ribuan pegawai di Universitas tersebut pada tahun anggaran 2015.

“Jadi itu yang bisa kami sampaikan tentang kedatangan KPK ke Unsrat,” ungkapnya.

Saat ini, kata Hesky, pihak KPK masih melakukan sinkronisasi data. Dan Unsrat akan terus menunggu perkembangan dari hasil pemeriksaan KPK.

“Intinya, Unsrat sangat kooperatif dengan apa yang KPK lakukan,” ujar Hesky.

Soal dugaan adanya pemeriksaan KPK terhadap Rektor Unsrat, ia membantahnya. Menurut Hesky, Rektor tidak diperiksa. KPK hanya melakukan pemeriksaan dokumen. Selain itu, kata Hesky, Rektor  juga hanya tidak lama berjumpa dengan KPK karena akan berangkat ke Bali menghadiri sebuah acara nasional.

“KPK memberikan kesempatan untuk Rektor menghadiri kegiatan nasional,” pungkasnya.

KPK melakukan pemeriksaan di Kantor Pusat Unsrat selama 8 jam, dari pukul 9.00 Wita hingga sekitar pukul 16.00 Wita. Mereka terdiri dari enam orang dari tim pencegahan dan empat orang lainnya dari tim penyidik.

 

Editor: Rahadih Gedoan

Comments

comments

Click to comment

Komentar

HUKUM & KRIMINAL

Anggota Kepolisian Diminta Jadi Pendingin Suasana di Pilkada

Published

on

zonautara.com
Kapolda saat memimpin apel di halaman Mapolda Sulut. (Foto: Humas Polda)

MANADO, ZONAUTARA.com Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), menggelar upacara bulanan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Senin (19/2/2018).

Bertindak selaku inspektur upacara, Waskito kembali mengingatkan soal Pesta Demokrasi yang akan digelar pada tahun 2018 ini. Waskito menegaskan kepada seluruh personel, untuk menjadi water cooler atau pendingin suasana dan tidak lengah terhadap berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat, sehubungan dengan peran Polda sebagai penanggungjawab keamanan di Provinsi Sulut.

“Untuk mewujudkan cita-cita dan harapan terciptanya keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada 2018 ini, sebagaimana atensi Bapak Kapolri, setiap anggota Polri diharapkan dapat berperan sebagai water cooler di tengah-tengah masyarakat, guna menetralisir  berbagai intervensi, intimidasi dan provokasi dari pihak-pihak yang hendak memicu terjadinya konflik,” jelas Waskito.

Dia pun kembali menekankan, agar para personel bertanggungjawab dengan tugas yang telah diberikan.

“Mari kita jaga Sulawesi Utara agar tetap aman, tertib, berkualitas, demokratis dalam Pilkada 2018 ini,” tandas Waskito.

Diketahui, sebanyak 654 personel telah digeser ke daerah yang melaksanakan Pilkada. Masing-masing terdiri dari Polres Minahasa 118 personel, Polres Minahasa Selatan (Minsel) 128 personel, Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) 142 personel, Polres Kepulauan Sangihe 189 personel, Polres Kepulauan Talaud 71 personel.

Kapolda pun telah turun ke daerah pilkada, untuk mengecek kesiapan personelnya.  Turut hadir dalam upacara ini Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johni Asadoma, pejabat utama Polda Sulut, para pamen, personel Sat Brimob, Dit Polair, Satker Polda Sulut dan Polresta Manado. (K-05)

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Korem 131/Santiago Sertijab Tiga Dandim

Published

on

zonautara.com
Kapenrem 131/Santiago Mayor Inf Fathan Ali. (Foto: zonautara.com)

MANADO, ZONAUTARA.com Komando Resor Militer (Korem) 131/Santiago menggelar serah terima jabatan (sertijab) bagi satuan Komando Distrik Militer (Kodim) jajaran Korem 131/Santiago, bertempat di lapangan Markas Korem 131/Santiago, Senin (19/2/2018).

Komandan Korem 131/Santiago Brigadir Jenderal (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Joseph Robert Giri, melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 131/Santiago Mayor Infanteri Fathan Ali mengungkap kepada awak media, bahwa dalam kegiatan ini, diserahterimakan tiga jabatan Komandan Kodim (Dandim) untuk tiga Kodim sekaligus, yakni Kodim 1303/Bolmong, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1310/Bitung.

“Ini dalam rangka regenerasi perkembangan pejabat di Satuan khususnya Kodim jajaran Korem 131/Santiago. Karena pejabat Kodim yang lama telah mendapatkan jabatan yang baru,” ujar Kapenrem.

Lanjut Kapenrem, seusai serah terima jabatan Dandim, kegiatan akan dilanjutkan dengan tradisi Korps dalam rangka terbentuknya dua jabatan baru di jajaran Korem 131/Santiago, yakni jabatan Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 131/Santiago dan jabatan Dandim 1312/Tanalud.

“Tradisi korps ini akan ada laporan Korps sebagai pejabat yang baru bergabung dengan Satuan Korem, dengan demikian Korem 131/Santiago telah bertambah satu kepala seksi dan satu Kodim,” terang Kapenrem.

Digelarnya kegiatan ini, lanjut Kapenrem, guna memberikan arti yang penting dan strategis bagi satuan.

“Sehingga akan memberikan peran yang sangat signifikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Korem 131/ Santiago pada khususnya dan TNI Angkatan Darat pada umumnya,” pungkasnya.

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: