Connect with us

HUKUM & KRIMINAL

Pilkada Dapat Sukses Bila Dibarengi Situasi Kantibmas Kondusif

Published

on

zonautara.com
Kapolda Sulut saat bawakan sambutan pada acara Sosialisasi Hukum oleh Tim Divisi Hukum Polri Di Polda Sulut.(Foto: Humas Polda Sulut)

MANADO, ZONAUTARA.com – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dapat berlangsung dengan sukses bila dibarengi dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. Demikian  yang dikatakan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut)  Irjen Pol Bambang Waskito) saat membawakan sambutan pada acara Sosialisasi Hukum oleh Tim Divisi Hukum Polri di Polda Sulut, yang dilaksanakan di Aula Tribrata Sulut, Selasa (13/02/2018).

“Di sinilah peran penting Polri sebagai pengemban fungsi Pemerintahan yang bertugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk bertanggung jawab dalam mengawal pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan damai dan tertib,” kata Waskito.

Kapolda Sulut menambahkan, tunjangan kinerja diberikan kepada pegawai berdasarkan capaian kinerja dari masing-masing pegawai.

“Pegawai itu akan menerima tunjangan full apabila tugasnya dapat diselesaikan secara menyeluruh dan sebaliknya jikalau pekerjaannya dilaksanakan tidak menyeluruh tentunya kinerja yang didapatnya akan fluktutatif. Bisa turun, bisa naik,” tegasnya.

Dirinya menekankan promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri telah berlangsung secara terpola dengan dukungan penyelenggaraan assement center.

“Faktor-faktor yang mendukung promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri adalah dukungan sumber daya administrasi dan sumber daya manajerial,” jelas Waskito.

Lebih lanjut dijelaskannya, faktor yang menghambat promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Polri adalah mentalitas anggota yang tidak sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi dan tuntutan perubahan lingkungan strategis organisasi.

“Oleh karenanya saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sungguh-sungguh dan bisa mengimplementasikannya dengan baik,” tandas Waskito.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Divisi Hukum Polri yang dipimpin Ketua Tim Kombes Pol Kadarusman menyoalisasikan aturan, antara lain Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Perkap 18 tahun 2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 13 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Perkap 19 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Promosi Jabatan Terbuka di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.(K-05)

 

Editor: Rahadih Gedoan

Comments

comments

Click to comment

Komentar

HUKUM & KRIMINAL

Anggota Kepolisian Diminta Jadi Pendingin Suasana di Pilkada

Published

on

zonautara.com
Kapolda saat memimpin apel di halaman Mapolda Sulut. (Foto: Humas Polda)

MANADO, ZONAUTARA.com Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), menggelar upacara bulanan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Senin (19/2/2018).

Bertindak selaku inspektur upacara, Waskito kembali mengingatkan soal Pesta Demokrasi yang akan digelar pada tahun 2018 ini. Waskito menegaskan kepada seluruh personel, untuk menjadi water cooler atau pendingin suasana dan tidak lengah terhadap berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat, sehubungan dengan peran Polda sebagai penanggungjawab keamanan di Provinsi Sulut.

“Untuk mewujudkan cita-cita dan harapan terciptanya keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada 2018 ini, sebagaimana atensi Bapak Kapolri, setiap anggota Polri diharapkan dapat berperan sebagai water cooler di tengah-tengah masyarakat, guna menetralisir  berbagai intervensi, intimidasi dan provokasi dari pihak-pihak yang hendak memicu terjadinya konflik,” jelas Waskito.

Dia pun kembali menekankan, agar para personel bertanggungjawab dengan tugas yang telah diberikan.

“Mari kita jaga Sulawesi Utara agar tetap aman, tertib, berkualitas, demokratis dalam Pilkada 2018 ini,” tandas Waskito.

Diketahui, sebanyak 654 personel telah digeser ke daerah yang melaksanakan Pilkada. Masing-masing terdiri dari Polres Minahasa 118 personel, Polres Minahasa Selatan (Minsel) 128 personel, Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) 142 personel, Polres Kepulauan Sangihe 189 personel, Polres Kepulauan Talaud 71 personel.

Kapolda pun telah turun ke daerah pilkada, untuk mengecek kesiapan personelnya.  Turut hadir dalam upacara ini Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johni Asadoma, pejabat utama Polda Sulut, para pamen, personel Sat Brimob, Dit Polair, Satker Polda Sulut dan Polresta Manado. (K-05)

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Korem 131/Santiago Sertijab Tiga Dandim

Published

on

zonautara.com
Kapenrem 131/Santiago Mayor Inf Fathan Ali. (Foto: zonautara.com)

MANADO, ZONAUTARA.com Komando Resor Militer (Korem) 131/Santiago menggelar serah terima jabatan (sertijab) bagi satuan Komando Distrik Militer (Kodim) jajaran Korem 131/Santiago, bertempat di lapangan Markas Korem 131/Santiago, Senin (19/2/2018).

Komandan Korem 131/Santiago Brigadir Jenderal (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Joseph Robert Giri, melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 131/Santiago Mayor Infanteri Fathan Ali mengungkap kepada awak media, bahwa dalam kegiatan ini, diserahterimakan tiga jabatan Komandan Kodim (Dandim) untuk tiga Kodim sekaligus, yakni Kodim 1303/Bolmong, Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1310/Bitung.

“Ini dalam rangka regenerasi perkembangan pejabat di Satuan khususnya Kodim jajaran Korem 131/Santiago. Karena pejabat Kodim yang lama telah mendapatkan jabatan yang baru,” ujar Kapenrem.

Lanjut Kapenrem, seusai serah terima jabatan Dandim, kegiatan akan dilanjutkan dengan tradisi Korps dalam rangka terbentuknya dua jabatan baru di jajaran Korem 131/Santiago, yakni jabatan Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 131/Santiago dan jabatan Dandim 1312/Tanalud.

“Tradisi korps ini akan ada laporan Korps sebagai pejabat yang baru bergabung dengan Satuan Korem, dengan demikian Korem 131/Santiago telah bertambah satu kepala seksi dan satu Kodim,” terang Kapenrem.

Digelarnya kegiatan ini, lanjut Kapenrem, guna memberikan arti yang penting dan strategis bagi satuan.

“Sehingga akan memberikan peran yang sangat signifikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Korem 131/ Santiago pada khususnya dan TNI Angkatan Darat pada umumnya,” pungkasnya.

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: