Connect with us

MINSEL

Uskup Manado Gelar Misa Perdana di Paroki Kebangkitan Kristus Amurang

Published

on

Uskup Manado didampingi Kapolres Minsel dan Pastor Paroki saat diarak menuju gedung gereja. (Foto: Denny Wowor)

MINSEL, ZONAUTARA.com Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, menjadi selebran utama dalam perayaan syukur Misa Perdana dan Pesta Pelindung Paroki Kebangkitan Kristus Amurang, Minggu (15/4/2018).

Kedatangan Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC di Kota Amurang disambut dengan Tarian Kabasaran dan Musik Bambu. Turun dari kendaraan dinas di depan Gedung Teguh Bersinar, Uskup Rolly disambut Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo bersama ibu, dengan pengalungan bunga.

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan bak terbuka, Uskup Manado, Pastor Paroki bersama Kapolres Kapolres Minsel diarak menuju gedung gereja dengan Tarian Kabasaran dan Musik Bambu diikuti Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP), panitia bersama ratusan umat Katolik.

“Terima kasih. Luar biasa penyambutan umat di paroki ini,” kata Uskup Rolly.

Dalam kotbahnya, Uskup Rolly mengatakan kebangkitan Kristus membawa pewartaan dan itu dirayakan umat Katolik pada hari minggu Paskah ketiga ini.

“Bacaan pada hari ini berkisah tentang kebangkitan Tuhan. Dia menampakan diri kepada pribadi-pribadi, kepada para murid, kepada Thomas untuk mengatakan damai sejahtera bagi kamu. Yesus meyakinkan mereka untuk percaya, bahwa diri-Nya benar-benar sudah bangkit. Mengapa kamu terkejut? Apa sebab tinggal keraguan dalam hatimu? Yesus meyakinkan mereka untuk percaya dan pada akhirnya para murid percaya. Saya mengajak kita semua untuk percaya dan merayakan kebangkitan Tuhan sampai akhir jaman,” ungkapnya.

Perayaan Ekaristi di gedung Gereja Kebangkitan Kristus Amurang. (Foto: Denny Wowor)

Selanjutnya Uskup Rolly didampingi Pastor Paroki melantik Pengurus DPP, Dewan Pengurus Stasi (DPS) serta Pengurus Wilayah Rohani se-Paroki Kebangkitan Kristus Amurang.

Sementara itu, Wakil Bupati Minsel Franky D Wongkar dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas perayaan sykur misa perdana Uskup Manado dan Pesta Pelindung Paroki Kebangkitan Kristus Amurang.

“Atas nama Bupati Minsel, saya mengucapkan terima kasih kepada Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, yang sudah hadir dan memimpin misa di Paroki Kebangkitan Kristus Amurang, serta mengucapkan selamat atas perayaan pesta pelindung di paroki ini. Saya percaya, Kabupaten Minsel akan semakin hebat dan terdepan,” ujarnya sembari mengajak seluruh umat Katolik untuk senantiasa saling mengasihi satu sama lain.

Pastor Paroki Kebangkitan Kristus Amurang Serafion Dianomo Pr, bersama Pastor Rio Sumajow Pr atas nama umat Katolik menyampaikan terima kasih kepada Uskup Manado, Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Kapolres Minsel, Kakankemenag Minsel, umat dan undangan yang sudah hadir dan bersama-sama dalam perayaan misa perdana Uskup Manado dan pesta pelindung Paroki Kebangkitan Kristus Amurang.

“Pastor paroki bersama seluruh umat menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapa Uskup, Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Kapolres Minsel serta semua undangan. Mari kita membawa semangat kebangkitan bersama Bapa Uskup untuk membawa terang bagi sesama,” ujarnya.

Setelah perayaan misa acara dilanjutkan dengan ramah-tamah bersama seluruh umat. Perayaan syukur Misa Perdana Uskup Manado dan Pesta Pelindung Paroki Kebangkitan Kristus Amurang mengambil tema Betapa Mulialah nama-Mu ya Tuhan di seluruh bumi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kakankemenag Minsel Jansje AH Rumondor, Asisten III Pemkab Minsel James Tombokan, Kaban Kesbangpol dan Linmas Pemkab Minsel Benny Lumingkewas, umat Katolik dan undangan.

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Click to comment

Komentar

MINSEL

Talent Show Pilretel Amurang Tiga Meriah

Published

on

zonautara.com
Salah satu atraksi peserta Pilretel Amurang Tiga dalam Telent Show. (foto: zonautara.com/eva aruperes)

MINSEL, ZONAUTARA.com – Acara Talent Show Pemilihan Remaja Teladan (Pilretel) Wilayah Amurang III, berlangsung meriah, Sabtu (21/4/2018) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Pinaling.

Ketua Panitia Pilretel Eyreni Mongkareng mengatakan, para finalis Pilretel Wilayah Amurang III menampilkan bakat didepan sejumlah penonton.

“Ada yang menyanyi, menari, akting, baca puisi, baca mazmur dan ada yang menampilkan kemampuan bermain gitar sambil menyanyi,” ujar Kak Ine, sapaan akrab Mongkareng.

Dia mengaku bangga, para finalis bisa menampilkan yang terbaik. Apalagi dalam karantina kali ini, kata dia, mereka tidak bisa berkomunikasi menggunakan smartphone.

“Handphone mereka dikumpul. Jadi otomatis, mereka fokus dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Putri Mangindaan, salah satu finalis yang menampilkan kemampuannya menari maengket. Bagi dia, maengket adalah budaya Minahasa yang harus dilestarikan. Apalagi, budaya luar mulai masuk dan bisa menggeser budaya asli Minahasa.

“Saya telah menampilkan yang terbaik. Semoga bisa mendapatkan hasil yang pula,” kata Putri usai talent show.

 

Editor: Eva Aruperes

 

Comments

comments

Continue Reading

MINSEL

Peserta Pilretel Wilayah Amurang Tiga Dikarantina

Published

on

Pilretel Wilayah Amurang Satu. (Foto: zonautara.com/Evangelin Aruperes)

MINSEL, ZONAUTARA.comKarantina Pemilihan Remaja Teladan (Pilretel)  Wilayah Amurang Tiga digelar di Jemaat GMIM Kanaan Pinaling, Jumat (20/4/2018).

Ketua Panitia Pilretel Wilayah Amurang Tiga Eyreni Mongkareng mengatakan, ada 20 finalis Pilretel yang ikut dalam karantina. Sebelumnya, kata dia, mereka telah melewati tes tertulis di GMIM Betlehem Ranomea dan wawancara di GMIM Makedonia Lopana.

“Karantina akan dilakukan selama tiga hari hingga Minggu,” kata Kak Ine,  sapaan akrabnya usai ibadah pembukaan Karantina Pilretel Wilayah Amurang Tiga.

Dalam karantina ini,  para finalis Pilretel akan mendapat beberapa materi tentang Tata Gereja dan dogma GMIM dan Keremajaan GMIM.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pilretel Hence Ruindungan menambahkan, para finalis Pilretel akan menginap di rumah-rumah warga sesuai dengan pembagian akomodasi panitia.

“Mereka tinggal di rumah-rumah penduduk, diharapkan bisa berbaur dengan masyarakat. Semoga mereka bisa mengikuti karantina Pilretel hingga sslesai,” kata Kak Hence,  sapaan akrabnya.

Selesai ibadah pembukaan dilanjutkan dengan debat finalis Pilretel.

 

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: