Connect with us

Manado Rame

Ingin beriklan dengan budget terbatas? Pasang iklan anda di IKLAN BARIS ZONA UTARA.

Baron Jalan

TAK KENDOR WALAU HUJAN. Sekitar 48 bendi dari Kota Manado dan 16 lainnya dari Kota Tomohon berderap di jalan Boulevard Manado, meramaikan gelaran Festival Fish and Coral (Fisco), hari pertama pelaksanaan Manado Fiesta, 2 September 2017. Bendi-bendi dari Kota Tomohon tampak dihiasi bunga sesuai dengan maskot kota tersebut.

Menariknya, di pertengahan perjalanan parade bendi-bendi ini dihadang hujan lebat. Namun tak mengurungkan niat mereka untuk sampai pada garis finish di Taman Berkat Manado, dekat Manado Town Square 3.

Foto-foto Tonny Rarung bisa dilihat di link ini

AGENDA, 3 SEPTEMBER

Flying

Berpusat di Gunung Tumpa, langit di atas Kota Manado akan disorot dengan aksi terbang Paragliding, Paramotoring, dan Parachuting yang menarik.

Manado Travel Mart

Manado Travel Mart (MTM) dilaksanakan di Lion Hotel, yang akan mempertemukan para pelaku Industri Pariwisata yang akan bertindak sebagai Buyer dan Seller. Dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Sulawesi Utara.

  • 300 buyer Indonesia dan manca Negara
  • 100 seller dari Travel Agent, Rental Car, Hotel, Restaurant, UKM, IKM, Dinas terkait
  • Pameran UKM/IKM yang ada di Sulawesi Utara
Manado Fair

Dilaksanakan di kawasan Lion Hotel.

EVENT

KODAKEN

Pawai Fisco, 2 September 2017

Dorang Baober

Tampa baku kase, baku minta, dg baku berbage.
Niramitha Yayu
Niramita Yayu
Tikela
Macet tapi tetap menyenangkan. Semua kuliner ada disini.
Sutami
Sutami Hasan
Manado
Baku baku bae, baku baku tolong, baku baku kase, baku baku jaga, baku baku hormat, baku baku sayang birman deng sudara.
Mustakim Muhamad
Mustakim Muhamad
Manado
Manado adalah kota multikultur dgn slogan yg sangat terkenal torang semua Basudara, baku-baku bae dan baku-baku sayang.
Udin Baskoro
Udin Baskoro Hamadjen
Manado
zonautara.com

Manado Cerdas dan Politik Senyap Melenyap

Oleh Amato Assagaf ­ Yang cerdas dari Manado Cerdas adalah ia terlalu cerdas untuk mencerdaskan. Bagaimana bisa? Pertama, kecuali pada saat kampanye pemilihan walikota Manado yang baru lalu, program ini tidak pernah jelas ada dan tidaknya. Cerdasnya, ia bisa menyelinap pergi begitu saja tanpa terasa sebagai sebuah janji politik yang “sedang” tidak ditepati. Kedua, jika program ini memang ada maka ia terlalu cerdas untuk bisa terdengar telinga warga kecil di Manado atau sekilas tampak bagi mata mereka. Kemungkinannya, sebagai sebuah program, ia diproses dan dilaksanakan di atas angin. Artinya, ia terlalu jauh dari tanah tempat berpijak orang banyak. Semacam mengingat kembali cerita mengenai intelektual yang disebut sebagai kelompok orang cerdas yang berumah di atas angin.

SEPUTAR PAWAI FISCO

Manado Telah Disebut Sejak Tahun 1523

Pada umumnya masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) hanya tahu Manado sebagai Ibukota Provinsi mereka.

Tapi sejak kapan nama Manado ini menjadi nama dari Kota yang konon kabarnya dibangun oleh Datuk Lolong Lasut ini? Sampai sekarang tidak ada catatan sejarah yang bisa memastikan kata Manado kapan mulai digunakan .

Namun berdasarkan catatan tertulis dari Nahkoda Simao De Abrau dari Portugis, sejak tahun 1523 istilah Manado telah disematkan untuk kota yang dikemudian hari menjadi Ibukota Provinsi Sulut ini.  

Di tahun itu Nahkoda Simao De Abrau atas perintah dari Penguasa Benteng Portugis di Ternate, Antonio De Britt berlayar dari Ternate kembali ke Malaka melalui Pesisir Utara Kalimantan dan dalam Pelayaran tersebut Simao De Abrau melewati Pesisir Daratan Pulau Sulawesi antara Manado dan Tagulandang.

Peristiwa itu dicatat dalam “The Discoveries of the World”, London, Makluyt Society tahun 1862, halaman 152 yang mengutip catatan dari Gubernur Jenderal Portugis di Ternate Antonio Galvao.

Dalam catatan hariannya yang berjudul “Tratado”, ditulis tahun 1555 selang 32 tahun kisah Perjalanan Pelayaran dari Nahkoda “Simao De Abrau”, sebagaimana tertulis:
“OUUEURAM VISTA DAS YLHAS DE MANADA – PANGUENSARA”, yang artinya “Mereka Berlayar melihat sekumpulan pulau antara Manado dan Tagulandang, dimana PANGUENSARA adalah nama tua dari Pulau TAGULANDANG yang bisa disebut “PANGASERE”.

Catatan kedua tentang istilah Manado juga ditemukan dalam laporan Pastor Diego De Magalhaes tertanggal 28 Juli 1563. Ia melaporkan telah membaptis Raja Manado beserta 1.500 penduduknya dan juga Raja Siau ke-2 Don Jeronimo Posumah (1549-1587) yang kebetulan datang di Manado.

Dari berbagai sumber.

MANADO FIESTA

FISCO

FISCO merupakan karnaval bertemakan keindahan bawah laut yang merupakan primadona pariwisata Kota Manado, Taman Nasional Laut Bunaken. Karnaval bertemakan bahari, diikuti oleh instansi-instansi pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Utara maupun Instansi swasta baik Bank, Hotel, Perusahaan-perusahaan lokal maupun nasional, dan sebagainya. Karnaval dilombakan, baik float (kendaraan hias) dan juga fashion karnaval (parade kostum).

Waktu Pelaksanaan: Sabtu, 2 September 2017
Tempat: Kawasan Boulevard Megamas Manado

FASHION

FASHION Merupakan pertunjukkan fashion show, yang bertemakan Kaeng Manado sebagai salah satu kreasi khas Kota Manado.

FASHION WORKSHOP : Dilaksanakan pada tanggal 1 September 2017 pukul 10:00 WITA s/d Selesai dengan menghadirkan Kezia Warouw Putri Indonesia 2017 sebagai pembicara.

FASHION SHOW : Lomba dibagi menjadi 3 (tiga) baik pria maupun wanita, yaitu: Gaun Malam, Pakaian Formal, dan Pakaian Kasual. Pendaftaran dibuka untuk umum, dengan persyaratan usia diatas 17 tahun, dan busana yang dikenakan menggunakan Kaeng Manado sebagai salah satu unsurnya (baik modifikasi, maupun variasi).

FOOD

FOOD merupakan festival Kuliner khas Sulawesi Utara terutama Kota Manado. Disini pengunjung dapat menikmati makanan dan jajanan khas Kota Manado. Ringkasan Kegiatan:

1.) Workshop tentang Kuliner, baik tentang cara pembuatan maupun cara penyajian. Workshop menghadirkan pembicara Dr. Sanil. Workshop akan dilaksanakan pada pukul 10.00  WITA.

2.) Lomba Kuliner dilaksanakan pada pukul 16.00 WITA. s.d. selesai. Lomba dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu: Masakan Tradisional, Masakan Nasional, dan Masakan Ekstrim. Pendaftaran dibuka bagi para juru masak mewakili industri perhotelan, rumah makan dan restoran, maupun umum.

FLYING

FLYING merupakan event olahraga udara (aerial sports) berskala Nasional yang terdiri dari Paragliding, Paramotor, dan Parachuting, yang merupakan event berskala Nasional. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini adalah atlit-atlit nasional yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia. Event ini dilombakan sesuai dengan ketiga kategori yaitu Paragliding, Paramotor dan Parachuting.

Waktu Pelaksanaan: 3 September 2017
Tempat: Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

FUN MUSIC

Manado Cantate - Pemerintah Kota Manado bersama Konzert PTE LTD Singapore menyelenggarakan International Choir Festival; Choir Competition dan Simposium menghadirkan para juri dan pembicara dari berbagai negara di dunia dan peserta internasional dan domestik.

Waktu Pelaksanaan: 1-6 September 2017

Tempat: Sintesa Peninsula

FAIR

FAIR merupakan salah satu event yang berupa Pameran Potensi Wisata dan Souvenir Kerajinan daerah Sulawesi Utara khususnya Kota Manado. Stand-stand yang disediakan nantinya akan diisi oleh para stakeholders pariwisata, serta instansi-instansi pemerintah maupun swasta terkait lainnya.

Waktu Pelaksanaan: 6-9 September
Tempat: Manado Convention Center

FAITH

Manado Thanksgiving 2017 Hari Pengucapan syukur dirayakan sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta atas berakhirnya musim Panen setiap tahunnya. Perayaan ini oleh sebagian besar warga kawanua yang tersebar di seluruh dunia dikenal sebagai kawanua pulang kampung.

Waktu Pelaksanaan: 10 September 2017, Pukul 13:00 WITA
Tempat: Kawasan Boulevard II Kota Manado

 

TIM KERJA

produser RONNY A. BUOL // penanggungjawab RAHADIH GEDOAN // koordinator GARRY KALIGIS //
peliput RONNY BUOL; EVA ARUPERES; RIZALI POSUMAH; LUKMAN POLIMENGO; SUHANDRI LARIWU; GARY KALIGIS // fotografer TONNY RARUNG // videografer JOHN RAHASIA; EMON DOLONSEDA // editor RAHADIH GEDOAN; RONNY A. BUOL; EVA ARUPERES // administrasi JOICE RUNTULALO

HAK CIPTA: Logo, infografis, design yang terkait dengan Manado Fiesta diambil dari www.manadofiesta2017.com dan merupakan hak cipta yang melekat pada designernya.
Kontent teks, foto dan video yang diproduksi reporter/fotografer/videografer zonautara dan kilasmanado.com melekat pada pencipta yang bersangkutan.
Penggunaan secara terbatas diijinkan. Penggunaan secara komersial harus melalui ijin.