ADVERTORIAL: Lima Fraksi Sepakat R-APBD Sulut 2020 Dibahas

DPRD Sulawesi Utara (Sulut) menggelar paripurna dalam rangka Penyampaian/Penjelasan Gubernur terhadap Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Ranperda tentang APBD yang dijelaskan oleh Gubernur, Selasa (5/11/2019).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD, Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay, James Arthur Kojongian dan Wakil Ketua Billy Lombok, dan dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta sejumlah unsur Forkopimda.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengatakan tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 yaitu memantapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan peningkatan pemerataan infrastruktur, dimana dalam RKPD tersebut memuat tujuh prioritas pembangunan.

“Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemantapan SDM, pariwisata, ketahanan pangan dan industri ekonomi kreatif, pemerataan infrastruktur, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan sukses Pilkada, reformasi birokrasi, serta mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup,” ungkap Olly Dondokambey.

Adapun terkait pendanaan, Gubernur menjelaskan, ada enam prioritas yang akan dilaksanakan.

“Yaitu dana Pilkada 2020, fungsi Pendidikan paling sedikit 20 persen, fungsi kesehatan 10 persen, pemenuhan pembangunan infrastruktur, pemenuhan fungsi inspektorat satu persen dan pemenuhan pembangunan SDM aparatur 0,34 persen,” tambah dia.

Atas penjelasan Gubernur, lima fraksi di DPRD Sulut, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Nyiur Melambai menyatakan sepakat R-APBD 2020 ke tahap pembahasan.

Di akhir paripurna, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menyatakan, dengan telah diparipurnakannya R-APBD Sulut 2020, akan segera dibahas bersama TAPD dan Banggar. (*)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com