Jangan lagi ada klaster baru saat Pilkada

Media Sindikasi
Penulis Media Sindikasi
dr Grace Kandou.(Foto: kabarpost.com/Erick Tumbuan)



MANADO, ZONAUTARA.com – Penyebaran covid-19 terus bertambah. Ini menjadi tanda awas bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut pakar Epidemiologi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof Dr dr Grace Kandou, MKes, penambahan Covid-19 semakin banyak makanya dibutuhkan kewaspadaan.

“Terlebih saat ini kita lebih harus waspada karena menghadapi Pilkada,” kata mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat ini.

Grace mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk ke TPS saat pelaksanaan pencoblosan sehingga perlu disiapkan dengan baik agar memenuhi protokol kesehatan dan tidak akan terjadi klaster baru Pilkada.

“Dari data fakta menunjukkan trend di Sulut meningkat Covid19, terutama pertambahan kasus terkonfirmasi baru. Ini menandakan bahwa kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kampanye sering dilaksanakan tanpa memerhatikan lagi protokol kesehatan, seperti terjadinya kerumunan orang bahkan banyak orang tidak memakai masker dengan benar,” jelasnya

Lanjut dikatakannya, ketika kegiatan kampanye berlangsung, warga seringkali saling bakupanas sehingga pada saat teriak-teriak mereka sering melepas masker padahal di tengah kerumunan orang banyak.

“Harus diwaspadai hal-hati seperti ini sering terjadi. Jadi masih perlu pengawasan yang cukup ketat ketika kegiatan kampanye berlangsung agar protokol kesehatan dapat dijamin memang dipatuhi atau tidak oleh masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Pihak partai politik pelaksana kegiatan kampanye, menurutnya, harus wajib memerhatikan protokol kesehatan agar dapat bertanggung jawab bersama dengan rangka pemutusan mata rantai penularan Covid-19

“Kita semua harus waspada lagi karena dari data yang ada cukup mengkhawatirkan terjadi lagi trend peningkatan Covid-19 ini di Sulut maupun Indonesia,” kata Grace.

Penulis: Erick Tumbuan/kabarpost.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com