FOTO: Kopi stengah perekat cerita

12 July 2022| Ronny Adolof Buol

JALAN RODA - Nama ini melekat pada ingatan bagi mereka yang mencari teman mengobrol tanpa sekat, usia, kasta, kedudukan dan pandangan politik.

Siapapun yang datang menyambangi Jalan Roda, bebas memilih duduk dan berkumpul dengan siapapun, meski tak saling mengenal. Sewaktu-waktu anda bisa duduk dengan seorang pejabat, petinggi perusahaan, tentara, polisi, pengurus parpol dan kuli bangunan.

Di sini tak ada keheningan ala cafe dengan menu premium. Justru keriuhan yang menjadi magnet ratusan orang yang setia saban hari setor muka.

Jalan Roda adalah Kopi Stengah. Perekat cerita dari pagi hingga malam pada menu kopi takaran setengah cangkir. Cukup pesan kopi stengah, dan yang punya warung dengan senang hati menambah air panas sesuka anda memintanya.

Berjarak seratusan meter dari titik nol Kota Manado, berada di pusat kota Pasar 45 yang melegenda, Jalan Roda adalah cerita jejak sejarah sewaktu Manado masih disebut Wanua Wenang, jauh sebelum Perang Dunia Pertama meletus.

Sembari menyeruput kopi stengah, cerita mengalir seiring asap rokok pada eksistensi orang China yang melekat pada bangunan toko-toko di kiri kanan Jalan Roda.

Mendatangi Jalan Roda adalah soal merawat ingatan pada kehidupan urban kota yang mulai terhimpit kosmopolitan Manado yang kian lama kian modern dan sumir merumuskan jati diri.

Di sini cerita bisa mengalir kemana saja. Papan catur kerap jadi penguji strategi, entah itu sekadar makelar jual beli barang atau meraup dukungan politik ala kaki lima.

Kopi stengah di Jalan Roda juga adalah gambaran Manado sebagai kota multidimensi yang menghormati perbedaan dan menjaga keharmonisan hidup warganya meski berbeda kultur, budaya dan kepercayaan.

Tak ada yang salah jika selera anda adalah menu kopi premium ala cafe, tapi jika punya waktu, sesekali lah menyambangi Jalan Roda dan meresapi denyut kehidupan Manado yang sesungguhnya.

SHARE

Ronny Adolof Buol

Menyukai perjalanan dan membiasakan diri dengan kamera. Menyuplai foto untuk beberapa agency. Pernah bergabung dengan Kompas.com selama 8 tahun. Kini mengelola Zonautara.com secara independen.

KEMBALI KE ZONAUTARA.COM



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id