ADVERTORIAL: DPRD Sulut Tetapkan APBD-P 2019

Setelah melewati tahapan penyampaian dan pembahasan antara Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Propinsi Sulut, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD, Jumat (16/8/2019) sore pekan lalu.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Andrei Angouw itu, sebelumnya mendengarkan laporan dari juru bicara Banggar, Drs Eddyson Masengi. Dimana sejumlah catatan disampaikan oleh DPRD untuk ditindaklanjuti pemerintahan Olly Dondokambey-Steven Kandouw ke depannya. 

Diantaranya, perencanaan di tingkat daerah harus cermat, tepat sasaran dan semakin efisien dari segi prioritas. Lalu dana yang diberikan di SKPD harus diserap dan dimanfaatkan secara maksimal sesuai peruntukannya, Juga adanya penambahan anggaran prioritas dan darurat harus menyentuh langsung kebutuhan publik, serta pembangunan jalan dan jembatan harus diselesaikan paling lambat akhir tahun ini.

Diharapkan oleh DPRD, perubahan ini bisa memperkuat struktur anggaran, yang pada APBD Induk 2019 mencapai Rp4,98 triliun lebih, bertambah di APBD-P menjadi Rp4.110.000.000.000 atau naik sekitar 0,29 persen.

Sedangkan pendapatan asli daerah di APBD 2019 mencapai Rp1.269.000.000.000 atau bertambah Rp7,9 miliar. Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengapresiasi apa yang telah dikerjakan DPRD Sulut atas diterimanya Ranperda tersebut. Ia optimis dengan disepakatinya Ranperda APBD-P 2019 menjadi Perda, dapat memacu pembangunan Sulut di sisa tahun anggaran 2019.

“Kami memastikan bahwa setiap rupiah yang telah dianggarkan dan dikeluarkan dalam sisa tahun anggaran ini, benar-benar mampu dimanfaatkan bagi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Gubernur. 

Adapun Rapat Paripurna turut dihadiri jajaran Wakil Gubernur Steven Kandouw, para wakil ketua DPRD Sulut yakni S Vreeke Runtu, Marthen Manopo dan Wenny Lumentut, serta Sekdaprop Edwin Silangen dan jajarannya. Turut hadir pula Forkompinda Sulut. Sebelum penetapan APBD-P 2019, DPRD menggelar Rapat Paripurna Istimewa mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka HUT RI ke 74 dan penyampaian RAPBN 2020. (***)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com