bar-merah

Forum Swara Manguni Sulut Lahir Untuk Wujudkan Peradilan Bersih dan Anti Korupsi

MANADO,ZONAUTARA.com – Sekitar 20 jejaring dari berbagai komunitas dan elemen se-Sulut mengikuti Pelatihan Jejaring untuk Peradilan Bersih yang difasilitasi Komisi Yudisial (KY) Penghubung Sulut dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Hotel Lion Manado

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu, 18-20 Juli 2017 diikuti perwakilan dari elemen masyarakat baik organisasi buruh, lembaga bantuan hukum, perempuan dan anak, aktivis lingkungan, jurnalis, advokat, akademisi, dan mahasiswa.

“Mewujudkan peradilan bersih dan anti korupsi di Indonesia membutuhkan kerjasama semua pihak dan tak bisa bergerak sendiri,” ujar Pelaksana Tugas Koordinator Penghubung KY Sulut, Mercy Umboh SH, Kamis (20/7/2017).

Setelah mendapatkan materi peningkatan kapasitas dari KPK, KY dan Tim TEMPO, peserta forum berinisiatif membentuk koalisi masyarakat sipil. Dan akhirnya melalui diskusi yang alot lahirlah forum bernama ‘Swara Manguni Sulut’ dengan tagline Solidaritas untuk Sulut Bersih.

Komposisi presidium terdiri dari lima orang dengan Koordinator Maximus Watung (Advokat/Peradi Manado). Sedangkan empat personil lainnya adalah, Nedine Helena Sulu (AMAN Sulut), Jack Andalangi (KSBSI Sulut), Yoseph E Ikanubun (AJI Manado), Primus Aryesam (Akademisi/Unika De La Salle Manado)

Menurut Maximus, terbentuknya koalisi masyarakat sipil bertujuan untuk melakukan melakukan edukasi, advokasi dan kampanye tentang upaya mewujudkan peradilan bersih dan anti korupsi.

“Ini koalisi masyarakat sipil yang bergerak untuk mewujudkan Sulawesi Utara yang bersih, termasuk mencakup peradilan bersih dan anti korupsi,” ujar Maximus.

Dalam forum ini ikut berkoalisi yakni Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulut, Federasi SBSI Niekuba Bitung, Sahabat PKY, YLBHI LBH Manado, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Manado, KSBSI Sulut.

Selain itu ada juga BEM UNPI, KMPA Tunas Hijau, LAM Fakultas Hukum Unsrat, Akademisi Fakultas Hukum Unsrat, Federasi Konstruksi Umum dan Informal SBSI Manado, Fakultas Hukum Unsrat, GMKI Manado, PMKRI Manado, Swara Parangpuan Sulut, Yayasan Dian Rakyat Indonesia (YDRI) Sulut, Harian Posko Manado, Media Online ZonaUtara.com.

Ikut pula bergabung Akademisi Fakultas Hukum Unika De La Salle Manado, Akademisi Fisip Universitas Sam Ratulangi, Yayasan Pelita Kasih Abadi, Peradi Manado, KAI Sulut, BEM Fak Hukum Unika De La Salle Manado, Garda Tipikor Indonesia Manado, LMND Sulut, dan Tindakan Awal Mencegah Korupsi (TAMAKO).

Pemateri dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Biro Waskim KY Ri KMS Ronni, Kabag Hubla Titiek Aryati Winahyu, Kasubag Verifikasi Elza Faiz, Koordinator Penghubung KY Ardhian Sumadhija, dan KPK Nanang Farid.

 

Editor: Ronny A. Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com