Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Mantan Kadis Pendidikan Minahasa dijeblos ke jeruji besi

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.comKejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa mengeksekusi satu terpidana kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Minahasa tahun 2012, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Papakelan Tondano, Selasa (15/1/2019).

Lelaki HDR alias Denni (50), yang merupakan mantan Kepala Dinas (Kadis) Minahasa dijeblos ke jeruji besi oleh Tim Jaksa Eksekutor Kejari Minahasa berdasarkan putusan Kasasi Mahkamah Agung nomor 374 K/PID.SUS/2018.

Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Taufik melalui Kasi Intelejen Noprianto Sihombing mengatakan, dalam putusan tersebut, Denni dihukum bersama terpidana lainnya lelaki JHT alias Jhon (51).

Di mana, kata dia, Denni divonis dengan hukuman penjara selama lima tahun. Sementara lelaki Jhon divonis empat tahun penjara.

Keduanya juga divonis membayar denda masing-masing Rp200 juta, subsider enam bulan penjara. Selain itu, keduanya pun divonis membayar uang pengganti sebesar Rp447.726.000 dengan pembayaran paling lambat 1 bulan.

“Jika tidak dibayar, harta benda para terpidana akan disita sebagai pengganti. Namun jika tak ada atau tidak mencukupi, keduanya harus menjalani kurungan penjara selama 2 tahun,” ujarnya.

Menurut dia, terpidana Denni dieksekusi dengan cara baik, karena bersikap kooperatif. Pihaknya pun mengharapkan sikap yang sama dari terpidana Jhon.

“Kalau tidak kooperatif pastinya akan kami jemput,” tegas Jaksa Penuntut Umum (JPU) Parsaoran Simorangkir.

Dia menambahkan, putusan Kasasi kedua terpidana berbeda dengan putusan banding yang hanya memvonis
keduanya dengan kurungan penjara selama satu tahun dan dua bulan untuk Denni dan Jhon selama satu tahun dengan denda Rp50 juta.

Diketahui, kasus yang merugikan negara sekitar Rp800 juta tersebut dilakukan saat terdakwa Denni masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Minahasa dan terpidana Jhon menjabat sebagai kepala di salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Minahasa. (K-03)

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Cepat tanggap atasi aksi kriminalitas, Kapolres apresiasi URC Totosik

Published

on

Katim URC Totosik Bripka Yanny Watung saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comAksi cepat tanggap atasi kasus-kasus kriminalitas di Kota Tomohon terus diperlihatkan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik.

Satu per satu kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon pun diatasi tim yang diketuai Bripka Yanny Watung ini.

Atas capaian tersebut, Kepala Polres (Kapolres) Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait pun memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, yang diserahkan di halaman Polres Tomohon, Senin (20/5/2019).

“Terima kasih atas dedikasi, pengabdian menjaga kamtibmas, pengungkapan dan penangkapan di wilayah hukum Resor Tomohon, serta memberikan rasa aman dengan merespon cepat setiap laporan dari masyarakat,” ujar Sirait.

Atas penghargaan tersebut, URC Totosik tak lantas berbangga diri.

Ketua Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung pun berterima kasih kepada pimpinannya atas penghargaan tersebut.

Menurut Watung, penghargaan tersebut bakal membuat pihaknya lebih semangat dalam bertugas.

“Tentunya kami akan berusaha meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa nama harum Polri, khususnya Polres Tomohon,” ujar Polisi berprestasi ini.

Watung pun berterima kasih kepada warga di wilayah hukum Polres Tomohon yang terus mendukung URC Totosik dalam melaksanakan tugas.

“Penghargaan ini juga kami dapatkan atas bantuan dari masyarakat yang selalu memberikan informasi terhadap setiap kejadian yang terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, dalam menjalankan tugas yang tak kenal lelah tersebut, Watung dibantu oleh Brigpol William Batuitang, Brigpol Hendri Otay, Brigpol Maikel Mawara, Brigpol Halvey Londok, Brigpol Jim Tumurang, Briptu Billy Timuhari dan Bripda Billy Lolong.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending