ZONAUTARA.com – Tahukah anda bahwa 11 persen dari populasi dunia menjadikan pulau sebagai rumah mereka? Mungkin saat menyebut pulau, yang terpikirkan adalah sebuah pantai kecil yang dikelilingi dengan laut.

Namun David Garcia membuat sebuah visualisasi yang akan membantu anda memahami bahwa ada pulau yang berukuran sangat besar. Dia menyortir seluruh pulau di dunia dan membuat 100 daftar pulau terbesar.

Visualisasi itu memberikan skala perbandingan dari pulau terbesar Greenland hingga ke pulau yang berada pada nomor 100, Guadalcanal di Kepulauan Solomon.

Dan di daftar 10 pulau terbesar, Indonesia menyumbang dua pulau yakni pulau Kalimatan di urutan ketiga, dan pulau Sumatera di urutan keenam.

David mewarnai setiap pulau untuk membedakannya dari pengaruh iklim. Pulau-pulau berwarna biru berasal dari daerah kutub, sementara pulau-pulau pirus (turquoise) memiliki iklim sedang. Pulau berwarna hijau mewakili daerah tropis yang subur.

Amerika Utara menyumbang 32 pulau dalam daftar itu, namun 12 diantaranya tidak berpenghuni karena berada di wilayah Arktik yang sangat dingin.

  • 28 pulau berada di Asia
    Total populasi: 510.4 juta orang
  • 14 pulau berada di Eropa
    Total populasi: 83.8 juta orang
  • 32 pulau berada di Amerika Utara
    Total populasi: 40.7 juta orang
  • 12 pulau berada di Oceania
    Total populasi: 18.3 juta orang

Dan, jika ditilik dari jumlah populasi yang menghuninya, pulau Jawa berada diranking pertama. Jawa dihuni hingga 141 juta orang atau seribu per kilometer persegi, yang membuatnya menjadi pulau terpadat di dunia.

Clik untuk memperbesar.

Daftar 20 pulau terbesar dan terpadat

Sumber: Visual Capitalist

Bagikan !