Pertama kali agak susah terapkan pasar tanpa plastik

Lukman Polimengo
Penulis Lukman Polimengo
Aktivitas Pasar Seni warga di Desa Huntu Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango.(Image: zonautara.com/Lukman Polimengo)



GORONTALO, ZONAUTARA.com – Keberadaan di Pasar Seni Warga yang berada di Desa Huntu Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, mendapat respons positif dari berbagai pihak.

Satu di antaranya Lilan Hasan, seorang pedagang jajanan tradisional yang turut meramaikan Pasar Seni Warga di Desa Huntu Selatan ini.

Pada kegiatan yang nantinya akan digelar setiap hari Minggu ini, Lilan mengaku sama sekali tidak menemukan penggunaan kantong plastik selama kegiatan Pasar Seni Warga berlangsung.

“Sama saja dengan pasar-pasar lainnya. Yang berbeda di sini, tidak ada sampah plastik. Memang pertama kali agak susah menerapkan ini. Namun lama-kelamaan kita bisa lihat tidak ada kantong plastik. Pembeli membawa sendiri tas atau wadah untuk menaruh barang belanjaan,” kata Lilan, Minggu (06/09/2020).

Dirinya berharap dengan keberadaan pasar ini, tidak saja hanya mampu meningkatkan perekonomian warga, tetapi menjadi pelajaran pentingnya kebersihan lingkungan, dengan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai.

Awaludin, anggota Komunitas Huntu Art Distrik yang menggagas pelaksanaan Pasar Seni Warga, mengatakan bahwa ide ini pertama kali digelar pada Desember 2019 lalu. Pada awal pelaksanaannya, tergolong sulit disosialikasikan karena masih ada masyarakat yang sembunyi-sembunyi menggunakan kantong plastik.

“Tapi seiring waktu, banyak juga yang mulai sadar dan membawa wadah sendiri dari rumah. Ada yang bawa ember kecil, Loyang, dan lain sebagainya,” jelas Awal.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com