bar-merah

Sepekan ke depan ada 22 provinsi waspada potensi cuaca ekstrem, termasuk Sulut

hujan lebat
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan ada sejumlah wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan akan mengalami kondisi cuaca ekstrem.

Sebanyak 22 wilayah itu akan mengalami curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. Kondisi ini harus ditanggapi dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap terpicunya bencana hidrometeorologi.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021), bahwa berbagai dinamika atmosfer, sangat berpengaruh dalam memicu terjadinya cuaca ekstrem di periode pergantian musim seperti saat ini.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik Timur Filipina dan di Samudera Hindia sebelah selatan Bali-Nusa Tenggara.

Sirkulasi siklonik ini dapat mengakibatkan terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin, sehingga dapat meningkatkan pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Kondisi ini juga diperkuat dengan adanya fenomena Gelombang Rossby Ekuatorial yang diprediksikan masih cukup aktif di sekitar wilayah Indonesia bagian barat.

“Dinamika yang diidentifikasi masih dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021).

Adapun 22 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut adalah:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Banten
  5. Jawa Barat
  6. Jawa Tengah
  7. DI Yogyakarta
  8. Jawa Timur
  9. Bali
  10. Nusa Tenggara Barat
  11. Nusa Tenggara Timur
  12. Kalimantan Timur
  13. Kalimantan Utara
  14. Kalimantan Selatan
  15. Sulawesi Utara
  16. Sulawesi Tengah
  17. Sulawesi Selatan
  18. Sulawesi Tenggara
  19. Maluku
  20. Maluku Utara
  21. Papua Barat
  22. Papua

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, gelombang tinggi dan lain sebagainya.

Selain itu, dampak lainnya yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem ini adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama memasuki masa pancaroba tahun ini.

| Kompas.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com