bar-merah

Ikuti kiat-kiat berikut agar selalu aman saat berbelanja di tengah pandemi Corona

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Berbelanja merupakan kegiatan sehari-hari yang tak bisa dihentikan bagaimanapun kondisinya. Apalagi guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Di tengah pandemi Covid-19, belanja tetap menjadi hal yang butuh untuk dilakukan.

Banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul ketika berbelanja di tengah pandemi Covid-19. Tak perlu khawatir karena kita tetap bisa berbelanja dengan memperhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

Mengutip dari U.S. Food & Drug Administration, berikut merupakan cara aman agar anda bisa berbelanja di tengah pandemi Covid-19.

  • Siapkan daftar belanja sebelum mengunjungi toko. Beli barang dengan kuantitas yang cukup untuk satu hingga dua minggu ke depan. Membeli bahan makanan yang berlebihan dapat mengurangi stok untuk jatah lainnya.
  • Gunakan double masker ketika anda berbelanja. Beberapa toko bahkan mewajibkan pembelinya menggunakan masker. Cek aturan masing-masing yang anda di lokasi sekitar anda, tergantung pada tingkat penularan dan penyebaran Covid-19. Namun agar lebih aman, selalu gunakan masker ketika keluar rumah.
  • Bawa tisu disinfektan sendiri. Gunakan tisu tersebut untuk mengelap benda-benda yang bersentuhan dengan tangan anda secara langsung seperti troli belanja atau keranjang belanja. Jika anda menggunakan kantok belanja sendiri, pastikan bahwa kantong tersebut selalu dicuci setelah sekali penggunaan.
  • Social distancing. Jaga jarak sekitar enam kaki di antara anda dan pembeli lainnya maupun penjaga toko. Jaga tangan anda agar tidak menyentuh muka.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya 20 detik ketika anda telah sampai rumah dan setelah meletakkan kantong belanjaan anda.
  • Bersihkan kembali kemasan produk belanjaan anda. Bersihkan dengan tisu disinfektan dan biarkan kering. Tidak ada jaminan bahwa kemasan tersebut aman dari adanya virus Covid-19.
  • Sebelum makan, cuci buah dan sayur dengan air mengalir. Jika buah memiliki kulit, kupas kulit tersebut sebelum memakannya. Untuk bahan makanan berkaleng, ingat untuk membersihkan tutupnya sebelum dibuka
  • Bekukan daging, telur, dan beberapa bahan makanan laut di dalam freezer. Selain itu, bekukan juga bahan makanan yang tidak tahan lama seperti selada, jamur, dan rempah-rempah.
  • Bersihkan dapur anda dengan disinfektan secara rutin.
  • Selalu ingat 4 dasar keamanan bahan makanan yaitu: Clean (bersihkan), Separate (pisahkan), Cook (masak), dan Chill (dinginkan).


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com