Waktu yang tepat untuk menanam jagung dan hal-hal yang perlu diperhatikan

Tim Zonautara
Penulis Tim Zonautara
Ilustrasi dari Pixabay.com



ZONAUTARA.com Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang penting di Indonesia. Tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah dan kondisi iklim.

Namun, waktu yang tepat untuk menanam jagung sangat penting untuk memastikan hasil panen yang optimal.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan waktu yang tepat untuk menanam jagung:

Suhu tanah

Suhu tanah yang ideal untuk menanam jagung adalah antara 18-27 derajat Celsius. Jika suhu tanah terlalu rendah, maka bibit jagung akan kesulitan untuk tumbuh dan berkembang.

Sebaliknya, jika suhu tanah terlalu tinggi, maka bibit jagung akan mengalami stres panas dan pertumbuhannya akan terhambat.

Curah hujan

Curah hujan yang ideal untuk menanam jagung adalah antara 800-1200 mm per tahun. Jika curah hujan terlalu rendah, maka tanaman jagung akan mengalami kekeringan dan pertumbuhannya akan terhambat.

Sebaliknya, jika curah hujan terlalu tinggi, maka tanaman jagung akan mengalami kelebihan air dan mudah terserang penyakit.

Ketinggian tempat

Ketinggian tempat juga mempengaruhi waktu yang tepat untuk menanam jagung. Tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 0-1000 meter di atas permukaan laut.

Namun, jika ketinggian tempat terlalu tinggi, maka pertumbuhan tanaman jagung akan terhambat karena suhu yang terlalu dingin.

Musim tanam

Musim tanam yang tepat untuk menanam jagung adalah pada awal musim hujan. Pada saat itu, suhu tanah dan curah hujan sudah mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman jagung.

Selain itu, jagung juga membutuhkan waktu yang cukup untuk tumbuh dan berkembang sebelum musim kemarau tiba.

Dalam menanam jagung, perlu diingat bahwa waktu yang tepat untuk menanam jagung dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan kondisi iklim setempat.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli pertanian atau petani setempat untuk menentukan waktu yang tepat untuk menanam jagung.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan waktu yang tepat untuk menanam jagung.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan hasil panen jagung dapat optimal dan memuaskan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com