bar-merah

Mengapa Ingus Berubah Warna dan Apa Artinya?

ZONAUTARA.com – Pada dasarnya, bagian tubuh seperti hidung, sinus, saluran pencernaan, mulut, dan paru-paru memiliki cairan lendir yang berfungsi sebagai selimut pelindung pada permukaan jaringan tersebut.

Lendir ini mencegah kekeringan, bertindak sebagai sistem pertahanan, dan menjalankan fungsinya dengan normal. Namun, apa artinya ketika ingus diproduksi dalam jumlah berlebih?

Penyebab Produksi Ingus Berlebih

Cairan mukosa pada hidung atau ingus dapat diproduksi secara berlebihan karena adanya reaksi pada lapisan mukosa hidung yang membuatnya lebih aktif dari biasanya.

ingus

Reaksi ini bisa berupa infeksi seperti influenza atau akibat paparan zat alergen yang memicu reaksi alergi. Ingus diproduksi berlebihan juga merupakan mekanisme tubuh untuk mengusir virus saat infeksi dan zat alergen pada reaksi alergi.

Perubahan Warna Ingus

Meskipun cairan mukosa normal berwarna bening-putih, warna ingus bisa berubah tergantung kondisi kesehatan.

Misalnya, saat influenza, warna ingus akan berubah menjadi kuning hingga kehijauan. Berikut adalah makna dari beberapa warna ingus yang berbeda:

1. Ingus Tidak Berwarna (Bening Atau Putih): Warna normal cairan mukosa, menandakan peningkatan produksi lendir akibat alergi atau infeksi virus tahap awal.

2. Ingus Berwarna Kuning dan Kehijauan: Biasanya menandakan infeksi bakteri pada mukosa hidung dan sekitarnya, bisa juga menjadi indikasi infeksi telinga dan sinus yang berbahaya.

3. Ingus Berwarna Hitam: Disebabkan oleh seringnya menghirup polutan udara, khususnya di kota-kota besar dengan tingkat polusi tinggi.

4. Ingus Berwarna Orange, Merah, atau Merah Bercampur Dengan Kecoklatan: Warna merah menandakan bercampurnya darah dalam ingus, bisa jadi akibat masuknya benda asing ke hidung atau kanker sinus.

5. Ingus Berwarna Kebiruan: Terjadi karena serangan bakteri tertentu seperti Pseudomonas pyocyanea, jarang terjadi pada manusia.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingus mengganggu, muncul tanda-tanda infeksi sinus atau telinga, keluar bersama darah, berbau tidak sedap, atau terjadi perubahan warna yang mencurigakan. Ingus menjadi indikator kesehatan yang perlu diwaspadai.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com