Connect with us

PERISTIWA

Antisipasi Situasi Di Filipina, TNI Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan

Sulawesi Utara merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Filipina. Beberapa pulau seperti Miangas dan Marore jaraknya bahkan lebih dekat ke Filipina dibandingkan ke ibukota provinsi Sulut, Manado.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com — Meningkatnya ketegangan di Filipina terutama di Kota Marawi menyusul aksi baku tembak antara militer negera tersebut dengan kelompok bersenjata yang didukung jaringan ISIS, mendapat perhatian Pemerhati masalah perbatasan Sulawesi Utara, Piters Sombowadile.

Dihubungi ZonaUtara.com, Piters meminta aparat keamanan, khususnya TNI untuk meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah perbatasan.

“Seyogyanya TNI memperlihatkan pada rakyatnya bahwa TNI siaga. Karena itu siaga di perbatasan dimulai lagi. Satgas Keamanan Perbatasan  TNI, dari beberapa kesatuan, harus diaktifkan lagi,” ujar Piters. Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya wilayah perbatasan bagian Utara Indonesia, khususnya di pulau Miangas merupakan wilayah yang sangat terbuka. Hal ini rentan menjadi tempat transit untuk masuk ke wilayah Indonesia.

“TNI AL sudah siaga di pos Marampit dan dengan kapal perang. Perbatasan utara Indonesia hakikatnya sangat berpori-pori maka demonstrasi kesiagaan itu penting, karena akan mendorong masyarakat berpartisipasi,” tambah Piters.

Piters juga meminta Polisi untuk bisa melakukan razia agar orang asing yang dicurigai dapat menjadi aktor penyernagan bisa dideteksi. Kesiapsiagaan yang besar, menurutnya dapat mencegah kelompok sel tidur teroris.

Sementara itu, Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito yang dihubungi ZonaUtara.com meminta agar masyarakat Sulut tidak perlu gentar dengan aksi-aksi terorisme.

“Yang pertama kita lihat (aksi-aksi) itu global ya. Seperti peristiwa bom di Inggris dan Kampung Melayu. Itu semua tindakan teroris yg menakut-nakuti. Kita jangan takut, kalo kita takut mereka berhasil. Jadi mari semua bahu membahu. Peran masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk menangkal bukan hanya tugas TNI dan Polri,” ujar Warsito, Jumat (26/5/2017).

Ditanya soal antisipasi khusus TNI, Warsito menolak membeberkan. Hanya saja ia mengakui jika tentara sebagai pengawal NKRI terus melakukan antisipasi terhadap aksi-aksi kelompok radikal. “Antisipasi tetap kita lakukan namun tidak kita ekspos. Kalau diekspos, nanti teroris tahu dong,” ucap Warsito.

Diketahui, baku tembak antara aparat kepolisian dan Militer Filipina dengan kelompok Maute terkait ISIS terjadi di sebuah apartemen di Kota Marawi, awal pekan ini. Lima tentara dilaporkan terluka akibat peristiwa penyerbuan 15 militan di apartemen tersebut.

Sulawesi Utara merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Filipina. Beberapa pulau seperti Miangas dan Marore jaraknya bahkan lebih dekat ke Filipina dibandingkan ke ibukota provinsi Sulut, Manado.

Jalur perairan Sulut yang sangat terbuka menjadi jalur pasokan barang selundupan dan ilegal dari Filipina ke wilayah Nusa Utara. Patroli keamanan laut sangat sering menangkap kapal nelayan Filipina yang beroperasi secara ilegal.

Baca pula: Pangdam XIII/Merdeka: Kita Jangan Takut!

ISIS Beraksi di Negara Tetangga, Pangdam XIII/Merdeka: Kita Jangan Takut !

Bagikan !
Beri Donasi

HEADLINE

Update corona 4 April: Amerika dekati 300 ribu kasus, 1120 kematian sehari di Prancis

Total yang terinfeksi sebanyak 1.096.131 orang dari seluruh dunia.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Jumlah kasus di Amerika Serikat dalam sehari menunjukkan angka yang sangat tinggi. Dalam data yang diakses melalui situs Worldometers, pada Jumat (3/4) kemarin ada 30.171 orang yang terinfeksi virus corona.

Total orang di Amerika Serikat yang kini terkonfirmasi terjangkit covid-19 ada sebanyak 275.048 orang, 12.097 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara orang meninggal akibat virus ini di Amerika hampir 1000 orang perhari. Pada Jumat kemarin ada 996 orang meninggal sehingga angka total orang meninggal mencapai 7.067 orang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta warga negaranya bersiap menghadapi masa terburuk, saat pandemi covid-19 mencapai puncaknya. Menurut Trump, para ahli memperkirakan akan ada kematian akibat virus corona di Amerika Serikat mencapai 240 ribu orang.

Sementara secara global kini orang yang terinfeksi ada sebanyak 1.096.131 orang, 228.346 orang diantaranya sudah sembuh. Dalam sehari ada 81.066 kasus baru yang tercatat dari seluruh dunia.

Angka kematian secara global mencapai 58.822 orang, bertambah 5.654 orang sepanjang Jumat kemarin.

1.120 kematian di Prancis

Di Prancis angka kematian per hari sangat tinggi dan semakin mengkhawatirkan. Sepanjang Jumat kemarin tercatat ada 1.120 orang meninggal, sehingga total orang meninggal di Prancis mencapai 6.507 orang.

Sementara jumlah orang terkonfirmasi terjangkit virus corona di Prancis mencapai 64.338 orang, da 14.008 diantaranya sudah sembuh.

Baca pula: Bersiap menjadi amfibi pasca covid-19

Italia dan Spanyol kini telah mencapai angka kasus hampir 120 ribu orang. Di Italia ada 119.827 kasus dan di Spanyol sebanyak 119.199 orang yang terinfeksi.

Angka kematian di kedua negara Eropa ini juga sangat tinggi. Italia ada 14.681 orang meninggal bertambah 766 orang dalam sehari, sementara di Spanyol ada 11.198 orang meninggal, bertambah 850 orang dalam sehari.

Negara Jerman juga terus menunjukkan kenaikan penularan. Ada 6.365 orang dalam sehari di Jerman yang terinfeksi, sehingga total kasus positif di Jerman mencapai 91.159 orang. Angka ini telah melampaui China (81.620 kasus).

Eropa kini telah menjadi pusat pandemi covid-19. Hampir semua negara di Eropa telah melaporkan adanya penularan virus corona. Kini ada 181 negara di seluruh dunia yang mendapati warganya terjangkit covid-19.

Indonesia 1.986 kasus

Pemerintah Indonesia melaporkan masih terus terjadi penularan di berbagai provinsi. Kini sebanyak 32 provinsi sudah mendapati kasus positif di wilayahnya. Sebanyak tujuh provinsi menetapkan status siaga darurat bencana covid-19.

Baca pula: Tabel sebaran covid-19 pada 3 April

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan hingga Jumat (3/4) ada sebanyak 1.986 orang yang terkonfirmasi terjangkit virus corona.

Sebanyak 134 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 181 orang meninggal.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com