Mengintip Keindahan Tersembunyi Di Manumpitaeng

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



SITARO, ZONAUTARA.com — Nusa Utara adalah sebutan untuk kawasan yang melingkupi tiga kabupaten di ujung Utara provinsi Sulawesi Utara (Sulut). sebuah wilayah yang seakan menyimpan keindahan surga tersembunyi. Ketiga kabupaten itu adalah Kabupaten Kepulauan Talaud yang berada paling utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berada di tengah dan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang paling dekat dengan Manado, ibu kota Sulut. Ketiganya adalah kabupaten perbatasan.

Ketiga kabupaten tersebut merupakan kabupaten bahari dengan potensi kebaharian yang dimilikinya. Potensi bahari itu membuat ketiga kabupaten ini punya sederet destinasi wisata bahari.

Sitaro sebenarnya punya keunggulan dilihat dari jaraknya yang dekat dengan Manado. Pejalan hanya butuh sekitar 4 jam perjalanan dengan kapal cepat untuk mencapai pulau Siau sebagai pusat pemerintahan Sitaro. Sementara hanya butuh sekitar 2 jam untuk mencapai pulau Tagulandang yang tidak kalah eksotis.

Salah satu pulau eksotis nan indah yang ada di Sitaro, adalah pulau Manumpitaeng. Ini adalah pulau yang berada dalam cluster Buhias, tepat di depan Kota Ulu. Hanya butuh sekitar 30 menit dengan speed boat, Manumpitaeng bisa dijangkau lewat pelabuhan Ulu. Pulau kecil ini hanya dihuni satu keluarga yang menjaga kebun kelapa di situ.

Anda akan dibuat terkejut saat speed boat mulai masuk perairan Manumpitaeng, yang dikelilingi beberapa pulau lainnya, termasuk pulau Mahoro yang sangat eksotis di belakangnya. Pasir putihnya nan lembut langsung mengoda, apalagi gradasi air lautnya dari hijau tosca ke biru tak bisa menahan rasa untuk segera menceburkan diri ke laut dan mandi sepuasnya.

zonautara.com

Jangan segan untuk meminta hasil tangkapan ikan kepada nelayan yang lewat. Mereka akan dengan senang hati memberikannya, tentu dengan sedikit imbalan. Dan nikmati barbeque di tepi pantai pada malam hari sambil menikmati kejernihan langit dengan ribuan bintangnya.

Ke Manumpitaeng memang akan terasa lengkap jika disertai dengan menggelar tenda dan menginap semalam. Pastikan Anda membawa persediaan makanan dari Siau, karena di pulau ini tak ada yang berjualan makanan dan minuman.

Datanglah menjelang sore, agar bisa menikmati sunset dan paginya bisa menunggu matahari terbit di sisi Barat. Jika matahari telah naik, bersegeralah ke salah satu sudut berpasir di bagian Barat yang berhadapan dengan pulau Mahoro.

Di bagian yang ditumbuhi belukar dan pohon-pohon itu, Anda akan menjumpai proses alami bagaimana burung Gosong bertelur dengan keunikannya. Bersiaplah beringsut di atas pasir sambil bersembunyi di balik belukar.

Burung yang berkerabat dengan Maleo dan dari famili Megapodiidae ini merupakan endemik di beberapa kawasan Wallacea termasuk yang endemik di Sulawesi. Cara bertelurnya yang unik akan menjadi satu sajian tersendiri bagi pengunjung di Manumpitaeng.

Gosong akan mencari pasir dengan derajat panas tertentu. Lalu pasangan Gosong akan menggali pasir dan meletakkan telurnya yang berukuran besar, lalu menimbunnya dan pergi meninggalkan telur itu hingga waktunya menetas.

zonautara.com

Di Manumpitaeng, aktivitas Gosong bertelur masih cukup banyak dan mudah dilihat, asalkan pengunjung tidak menganggunya. Ini merupakan bonus bagi pengunjung di Manumpitaeng.

Setelah puas melihat Gosong bertelur, bersegeralah ke punggung bukit yang terdapat di bagian tengah Manumpitaeng. Tidak dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendakinya. Cukup 10 menit Anda sudah bisa berada di posisi tertinggi dan bisa menikmati panorama indah sekeliling Manumpitaeng.

Abadikan keberadaan diri Anda selama berada di surga tersembunyi ini, sambil mengintip kawah Karangetang di kejauhan yang seakan menegaskan anda masih berada di wilayah Sitaro. Gunung itu tak pernah berhenti mengeluarkan percikan api di puncak kawahnya, yang menjadi bonus penutup perjalanan anda ke Manumpitaeng.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com