bar-merah

EPAFRAS RARANTA: Penyair, Dramawan dan Seorang Pendeta

EPAFRAS RARANTA, adalah penyair, dramawan, musisi, dan seorang Pendeta. Ia termasuk angkatan pelopor kesusteraan modern di Sulawesi Utara. Karya-karya puisinya bertebaran diberbagai media masa sejak kurun 1960-an. Puluhan karya dramanya ajek dipentaskan sejak 1970-an oleh sejumlah sanggar teater di Sulawesi Utara. Ia juga aktif menyutradarai teater, membacakan puisi, menjadi pembicara pada berbagai forum sastra, budaya. Menjadi dewan juri pada festival teater dan baca puisi di Sulawesi Utara. selain menciptakan lagu, ia juga mengaransemen sejumlah lagu untuk paduan suara.

Lahir di Bolaang Mongondow pada 24 August 1941. Kendati aktif di dunia sastra dan drama, ia mengaku, pekerjaan Pendeta adalah pekerjaan seumur hidupnya.  Kini ia bertempat tinggal di Jalan Alvokat No 21,, Winangun Satu Manado.

Pendidikan terakhir, Sarjana Teologi FakultasTeologi UKIT Tomohon Angkatan 1980. Panggilan Hidupnya adalah mengkomunikasikan perbuatan Tuhan lewat  seni demi membangun pribadi, keluarga, dan masyarakat yangg sehat, damai dan sejahtera.

Hingga kini di tengah kesibukan pelayanannya selaku pendeta, ia tetap aktif menulis karya-karya sastra. Karya-karyanya yang telah diterbitkan: Tumatenden, sebuah drama tradisonal  Minahasa diterbitkan penerbit Sarenade, 2012. Mata Elang, diterbitkan Penerbit Sarenade,  2015.

Kini 248 puisinya yang terangkum dalam Kitab Puisi sudah dalam persiapan penerbitan. Ia juga dalam persiapan penerbitan buku EPAFRAS HIGHLIGHT autobiografi, serta buku PELITA KAKI, kumpulan naskah drama rohani.  Selain di dunia sastra dan drama, ia juga membuat rekaman Album lagu Indonesia bergender dangdut, pop, dan Rohani.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com