Ini Kebiasaan Buruk Saat Mandi Tanpa Kita Sadari

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU



Setiap hari, tubuh kita perlu dibersihkan agar terbebas dari kotoran, kuman dan bakteri yang menempel. Mandi adalah aktivitas untuk membuat tubuh bersih, sehat, dan tentunya harum.

Ternyata, dibalik kegiatan rutin tersebut, ada kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa disadari. Dilansir dari laman Merdeka.com, inilah beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan saat mandi.

1. Menggunakan spons mandi yang sudah usang
Saat Mandi menggunakan sabun cair, biasanya kita akan menuangkan sabun cair agar busanya lebih banyak. Perhatikan untuk mengganti spons yang usang karena spons usang biasanya menjadi tempat berkembang biak bakteri. Usahakan menggantinya sebulan sekali agar terhindar dari infeksi kulit dan gatal-gatal.

2. Terlalu sering mandi dengan air hangat
Banyak dari kita yang senang mandi dengan air hangat agar tubuh lebih rileks usai beraktivitas. Jika hanya sesekali tidak mengapa. Namun, bila sering dilakukan, kulit akan kehilangan minyak alaminya. Akibatnya, kulit akan mudah kering bahkan gatal.
3. Menghabiskan waktu terlalu lama di kamar mandi
Suka menghabiskan waktu lama saat mandi? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Sebab, semakin banyak air yang diguyur ke tubuh kita menyebabkan minyak alami kulit terkikis. Kulit akan menjadi mudah kering sebab lipid yang berfungsi melindungi kelembapan kulit menipis. Cobalah untuk mandi tak lebih dari 10 menit.

4. Membilas tubuh kurang bersih
Membilas tubuh kurang sempurna usai mandi bakal menyebabkan sisa sabun dan produk pembersih lain tertinggal. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah dan tubuh. Well, meski sedang buru buru, pastikan tubuh anda sudah terbilas sempurna saat mandi.

5. Menggunakan sabun yang terlalu wangi
Hati-hari menggunakan sabun yang terlalu wangi. Sabun jenis ini bisa saja mengandung paraben, pewarna sintetis, natrium lauril sulfat, dan formaldehid yang bisa membuat kulit jadi kering serta kehilangan elastisitasnya. Sebaiknya gunakan sabun yang terbuat dari bahan bahan alami atau minyak esensial.

Bagaimana? Ada kebiasaan buruk saat mandi seperti yang diuraikan? Segera rubah kebiasaan tersebut agar tubuh lebih sehat.

 

*Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Merdeka.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com