Connect with us

ZONAPEDIA

Ini Kebiasaan Buruk Saat Mandi Tanpa Kita Sadari

Published

on

Setiap hari, tubuh kita perlu dibersihkan agar terbebas dari kotoran, kuman dan bakteri yang menempel. Mandi adalah aktivitas untuk membuat tubuh bersih, sehat, dan tentunya harum.

Ternyata, dibalik kegiatan rutin tersebut, ada kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa disadari. Dilansir dari laman Merdeka.com, inilah beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan saat mandi.

1. Menggunakan spons mandi yang sudah usang
Saat Mandi menggunakan sabun cair, biasanya kita akan menuangkan sabun cair agar busanya lebih banyak. Perhatikan untuk mengganti spons yang usang karena spons usang biasanya menjadi tempat berkembang biak bakteri. Usahakan menggantinya sebulan sekali agar terhindar dari infeksi kulit dan gatal-gatal.

2. Terlalu sering mandi dengan air hangat
Banyak dari kita yang senang mandi dengan air hangat agar tubuh lebih rileks usai beraktivitas. Jika hanya sesekali tidak mengapa. Namun, bila sering dilakukan, kulit akan kehilangan minyak alaminya. Akibatnya, kulit akan mudah kering bahkan gatal.
3. Menghabiskan waktu terlalu lama di kamar mandi
Suka menghabiskan waktu lama saat mandi? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Sebab, semakin banyak air yang diguyur ke tubuh kita menyebabkan minyak alami kulit terkikis. Kulit akan menjadi mudah kering sebab lipid yang berfungsi melindungi kelembapan kulit menipis. Cobalah untuk mandi tak lebih dari 10 menit.

4. Membilas tubuh kurang bersih
Membilas tubuh kurang sempurna usai mandi bakal menyebabkan sisa sabun dan produk pembersih lain tertinggal. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah dan tubuh. Well, meski sedang buru buru, pastikan tubuh anda sudah terbilas sempurna saat mandi.

5. Menggunakan sabun yang terlalu wangi
Hati-hari menggunakan sabun yang terlalu wangi. Sabun jenis ini bisa saja mengandung paraben, pewarna sintetis, natrium lauril sulfat, dan formaldehid yang bisa membuat kulit jadi kering serta kehilangan elastisitasnya. Sebaiknya gunakan sabun yang terbuat dari bahan bahan alami atau minyak esensial.

Bagaimana? Ada kebiasaan buruk saat mandi seperti yang diuraikan? Segera rubah kebiasaan tersebut agar tubuh lebih sehat.

 

*Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Merdeka.com

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

11 kebiasaan yang dapat menjaga keremajaan kulit tanpa anda sadari (bagian 2)

Perhatikan baik-baik apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, fokuskan ke dalam untuk memancar ke luar.

Bagikan !

Published

on

Tips sehat
Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Seiring berlalunya waktu, kita semua tahu pastinya kita tidak bertambah muda. Usia semakin bertambah tua, begitupun tubuh kita.

Kulit dan kecantikan menjadi cerminan utama dalam bertambahnya usia. Kulit kusam dan keriput pastinya tidak diinginkan oleh siapa pun.

Anda perlu untuk mulai fokus pada bagaimana tubuh anda menua serta untuk melawan proses penuaan. Untuk itu, kami rangkumkan 11 kebiasaan yang biasa dilakukan para wanita untuk menjaga keremajaan tubuh.

Bagian pertama dari artikel ini dapat dibaca pada link ini.

5. Makan makanan yang sehat

Pexels.com

Apa yang anda makan ataupun minum setiap harinya akan terpancar ke luar. Saat kita memasukkan makanan sehat ke dalam tubuh kita, itu akan membantu kita terlihat lebih muda. Fokus pada makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Baca pula: Hidup sehat tanpa obesitas

Belilah makanan organik jika memungkinkan dan hindari makanan olahan. Anda juga harus mencoba menghilangkan kalori yang tidak perlu, seperti keripik dan berbagai gorengan. Makanan ini tidak memberi Anda nutrisi apa pun.

Memang sulit untuk tidak memanjakan diri sesekali, tetapi jadikanlah makanan tidak sehat sebagai asupan sesekali serta dalam porsi yang kecil.

6. Rutin melakukan perawatan kulit

Pexels.com

Kulit adalah organ tubuh terbesar. Itu juga merupakan organ tubuh yang menunjukkan usia lebih dulu. Anda perlu memastikan perawatan kulit Anda setiap hari dengan rutinitas perawatan kulit yang cermat . Satu hal yang paling penting adalah pelembab. Gunakan setiap hari!

Anda juga harus mencari masker dan pembersih. Pelajari tentang kulit Anda sendiri untuk mengetahui apakah Anda memiliki kulit kering atau kulit berminyak.

Pilih produk dengan tepat. pastikan untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit Anda setiap hari untuk melihat efek yang Anda inginkan.

7. Lindungi diri anda dari sinar Matahari yang terik

Pexels.com

Salah satu hal yang akan mengeringkan dan membuat kulit menua lebih cepat adalah matahari. Anda harus memastikan untuk melindungi diri Anda dari matahari dengan benar. Gunakan tabir surya pada hari-hari cerah tiap kali dibutuhkan.

Anda juga bisa menggunakan topi dan menutup wajah anda dengan kain untuk menghindari sinar matahari langsung. Meski begitu matahari membantu menghasilkan vitamin D, pastikan Anda mendapatkan vitamin ini dengan cara lain.

8. Perhatikan kebersihan gigi

Salah satu aspek yang banyak dilupakan orang adalah kesehatan gigi mereka. Gigi yang rusak bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Anda akan terlihat lebih tua jika terpaksa menggunakan gigi palsu.

Kebanyakan produk gigi palsu akan terlihat jelas perbedaannya, dan tentu saja itu akan menjadi hal memalukan ketika Anda perlu mencabut gigi palsu anda di depan kekasih baru di malam hari.

Usahakan untuk menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan gigi dengan benang, menggunakan obat kumur, dan mengunjungi dokter gigi dua kali setahun.

Ini akan membuat Anda merasa lebih percaya diri, lebih banyak tersenyum, dan terlihat lebih muda.

9. Stimulasi sosial

Pexels.com

Seiring bertambahnya usia, orang menjadi sibuk dan cenderung lebih fokus pada pekerjaan dan keluarga daripada bergaul dengan teman. Namun, suatu hari Anda mungkin akan terbangun dan menyadari bahwa sudah tidak memiliki teman seperti dulu.

Anda perlu menjadikan interaksi sosial sebagai prioritas untuk membuat Anda tetap muda. Pergi keluar minimal sebulan sekali untuk berinteraksi.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalin interaksi sosial. Percayalah, Anda akan merasa lebih muda, dan itu akan terlihat pada wajah Anda!

10. Stimulasi mental

Pexels.com

Stimulasi mental sangat membantu dalam melawan proses penuaan dibanding aspek lainnya. Anda bisa mencoba untuk membaca atau memainkan sebuah game yang merangsang pikiran.

Kecerdasan adalah salah satu rahasia kecantikan terpenting yang dilupakan orang. Itu juga membuat Anda bisa memiliki percakapan yang lebih menarik. Anda juga akan cenderung mengingat banyak hal.

11. Merawat kesehatan mental anda

Pexels.com

Seiring bertambahnya usia, proses penuaan bisa sangat membuat stres. Untuk memperlambat penuaan, Anda harus menjaga kesehatan mental Anda dengan perawatan diri dan bahkan pergi ke terapis jika diperlukan.

Baca pula: Cemas berlebihan dapat memicu penyakit maag

Stres sebagai pemicu berbagai masalah kulit maupun kesehatan pastinya sudah bukan hal baru untuk anda.

Kita semua pastinya menginginkan agar tetap awet muda. Gunakan tips-tips diatas untuk menjaga keremajaan kulit, tubuh bahkan mental anda. Perhatikan baik-baik apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, fokuskan ke dalam untuk memancar ke luar. Jika Anda berusaha, pastinya anda akan menuai hasil sesuai harapan anda.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com