bar-merah

Wah, Lipstik Hingga Kotoran Anjing Jadi Alat Mata-Mata CIA

ZONAUTARA.com – Namanya juga alat untuk memata-matai, berarti bentuknya sebisa mungkin tidak dapat dicurigai oleh siapapun. Namun siapa sangka, alat-alat yang digunakan agen rahasia Amereika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA) sebagai mata-mata yang mematikan merupakan alat yang kita gunakan setiap hari, dan juga benda-benda yang kita nilai tidak masuk akal untuk dijadikan alat mata-mata.

Sejak 2002, International Spy Museum di Washington DC, Amerika Serikat, telah menyimpan dan mengoleksi beragam alat yang digunakan untuk memata-matai. Berikut daftarnya yang dirangkum dari Buzzfeed.

Buttonhole Camera, Model F-21, Circa 1970

Kamera satu ini berbeda dari pada umumnya. Selain ukurannya yang kecil, fungsi dan tujuannya pun berbeda. Dikenal dengan nama Ajax, kamera ini biasa disembunyikan di dalam jas. Adapun negara yang menggunakannya ialah Uni Soviet, Eropa, dan Amerika Serikat. Trigger atau tombol rana di kamera ini, diletakkan di dalam saku dan saat diaktifkan, akan memotret secara diam-diam karena lensanya menyerupai kancing baju.

Pemancar Berupa Kotoran Anjing

Pemancar ini memiliki bentuk yang unik sekaligus menjijikkan. Bagaimana tidak, bentuknya dibuat semirip mungkin dengan kotoran anjing. Tujuannya adalah untuk menyamarkannya dari orang lain. Pemancar ini digunakan oleh CIA pada tahun 1970 untuk mengirimkan sinyal radio. Mereka menggunakan alat ini agar bisa memberikan koordinat serangan udara dan melakukan pengintaian.

Kacamata dengan Pil Sianida

Dibandingkan sebagai senjata untuk menyerang, kacamata ini digunakan sebagai alat perlindungan diri paling terakhir. Alat ini digunakan oleh CIA pada 1975 hingga 1977 jika seandainya tertangkap musuh. Dibandingkan harus menerima siksaan karena dipaksa membocorkan rahasia organisasi pada musuh, anggota CIA dapat menelan pil sianida sebagai jalan terakhirnya. Pil itu disembunyikan pada salah satu ujung gagang kacamata.

Mikrofon dalam Batang Pohon

Masih dimiliki oleh CIA, batang pohon yang telah dimodifikasi ini menjadi alat mata-mata yang cukup berhasil. Pasalnya, siapa sangka sebuah potongan batang pohon bisa merekan seluruh percakapan. Alat ini ditanamkan sebuah perekam sekaligus mencegat transmisi radio Uni Soviet. Alat ini digunakan pada 1970-an dan diletakkan di dekat pangkalan musuh untuk menyampaikan informasi melalui bantuan satelit.

Pistol Lipstik

Siapa sangka lipstik yang ukurannya tergolong kecil bisa menjadi alat yang mematikan. Lipstik ini digunakan oleh Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti​ (KGB) atau badan intelijen Uni Soviet selama perang dingin, 1965. Alat ini digunakan sebagai senjata rahasia dan dapat menjadi serangan ampuh. Di dalamnya bersarang peluru berkaliber 177 yang dapat melumpuhkan musuh.

 

Sumber : okezone.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com