Connect with us

Zona Tomohon

Sekkot Hadiri Workshop Pengelolaan Pabum Mahasiswa KKN UGM

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar Work Shop Pengelolaan Pariwisata Panas Bumi (Pabum) di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Kamis (28/6/2018).

Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM UGM Ir Pri Utami MSc PhD menjelaskan, tahun 2018 ini Kota Tomohon sudah keempat kalinya menjadi lokasi KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UGM.

Menurutnya kegiatan ini untuk optimalisasi pemanfaatan potensi serta pengembangan pariwisata panas bumi di Kota Tomohon dan Sulawesi Utara umumnya.

“Bersama pihak Pemkot Tomohon tentu kami akan berusaha untuk mengembangkan kepariwisataan panas bumi, karena kami menilai bahwa pariwisata panas bumi yang sebagian ada di Kota Tomohon sangat berpotensi menjadi daya tarik tersendiri dalam menjadikan Kota Tomohon lebih dikenal dengan pariwisata panas bumi,” ujar Utami.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc MTh saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan adanya taman pendidikan panas bumi di kawasan Panas Bumi Lahendong sebagai sarana untuk menginspirasi masyarakat agar berinovasi mengembangkan ekonomi kreatif berbasis panas bumi, selain itu juga merupakan sebuah objek wisata yang unik dan mampu meningkatkan daya tarik sektor pariwisata di Kota Tomohon serta sebagai sarana pendidikan ataupun pusat penelitian sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan ketahanan energi melalui energi panas bumi.

“Kami berharap dapat melalui work shop ini bisa meningkatkan pengetahuan bagi kita semua mengenai pemanfaatan potensi panas bumi yang ada di Kota Tomohon sehingga bisa berdampak positif bagi sektor pariwisata, ketahanan energi, kelestarian alam, pendidikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor-sektor usaha seperti dunia usaha bidang pariwisata serta pendidikan,” tukas Lolowang. Hadir sebagai peserta perwakilan SKPD Pemkot Tomohon bersama unsur terkait lainnya.

 

Editor : Christo Senduk




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Ini agenda perayaan HUT RI ke-74 di Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 di Kota Tomohon dipastikan akan berlangsung meriah.

Sejumlah kegiatan bakal dilaksanakan jelang hingga hari H perayaan hari proklamasi kemerdekaan RI pada Sabtu (17/8/2019) mendatang.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Ketua Panitia HUT RI ke-74 Djoike Karouw yang didampingi Sekretaris Panitia Harni Korompis mengatakan, sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya pada Kamis (15/8/2019) pagi akan digelar pawai bocah. Sementara untuk sore harinya akan dilaksanakan pawai pembangunan.

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan yang mengambil tema ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ tersebut pun, sejumlah ruas jalan akan ditutup.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tomohon memohon maaf atas penutupan sementara beberapa ruas jalan yang dilewati peserta pawai. Pemerintah mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerjasama yang baik dari seluruh Komponen masyarakat,” ujar Karouw.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol John E S Kapoh mengatakan, bahwa penggunaan dan penutupan sementara sebagian jalan dalam rangka menyukseskan kegiatan-kegiatan pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon dengan rangkaian kegiatan yang ada.

Ini beberapa agenda perayaan HUT RI dan rute pawai di Tomohon :

1. Pawai Bocah dilaksanakan pada Kamis (15/8/2019) pukul 08.00-11.00 WITA, dengan rute dari SD Santa Clara Tomohon dan hingga depan bank Sulut.

2. Pawai Pembangunan juga akan dilaksanakan hari Kamis (15/8/2019), pukul 12.00-18.00 WITA, dengan rute yang akan start dari samping Polres Tomohon mengikuti ke arah Pusat Kota dan Finish di Depan Bank Sulut.

3. Pawai Taptu akan dilaksanakan hari Jumat (16/8/2019) pukul 18.00-20.00 WITA, dengan rute Start dari Rudis Wali Kota melewati Perum dan SPBU Walian ke arah Patung Tololiu dan belok kanan ke arah jalan ke Kaaten, belok kanan di perempatan Tugu Garuda hingga Finish di arah Stadion Babe Palar.

4. Defile akan dilaksanakan hari Sabtu (17/8/2019) pukul 11.00 WITA, dengan rute Start dari Menara Alva Omega menuju ke arah selatan dan Finish di Alfa Mart Kelurahan Lansot.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com