bar-merah

Naikkan Suku Bunga Acuan, Bank Indonesia Dinilai Menjaga Kestabilan Makroekonomi

MANADO, ZONASULUT.com – Langkah Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga acuan, mendapat tanggapan positif dari Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI, yakni Ryan Kiryanto.

Ryan Kiryanto menilai langkah BI ini menunjukkan sinyal pengetatan moneter yang hati-hati dan terukur. Selain itu, Menurut Coorporate Secretary BNI ini, apa yang dilakukan BI itu untuk menjaga kestabilan makroekonomi.

Pernyataan Ryan merespons BI yang menaikkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Rate sebesar 50 basis poin menjadi 5,25 persen.

“Langkah taktis BI tersebut harus segera diimbangi oleh pemerintah melalui pengelolaan kebijakan fiskal yang hati-hati, kredibel dan produktif untuk menggairahkan sektor riil, ekspor nonmigas dan investasi langsung,” kata Ryan, 30 Juni 2018.

Menurut Ryan harmoni kebijakan moneter dan fiskal penting agar level kepercayaan pasar tetap terjaga dengan baik. Kepercayaan pasar ini yang akan membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia dan kurs rupiah menguat lagi.

Seperti diketahui, pada Jumat lalu BI menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin menjadi 5,25 persen. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG).

Keputusan kenaikan suku bunga acuan itu juga diikuti kenaikan deposit facility sebesar 50 basis poin menjadi 4,5 persen. Sedangkan lending facility naik sebesar 50 basis poin menjadi 6 persen. Dengan kenaikan tersebut, BI telah menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali dalam enam bulan terakhir.

Lebih lanjut Ryan mengatakan harus diingat, perlambatan ekonomi tidak selalu harus direspons oleh BI dengan mengotak-atik kebijakan moneter seperti suku bunga acuan. Hal itu juga tidak selalu harus direspons BI dengan kebijakan makroprudensial maupun kombinasinya atau bauran kebijakan. “Mungkin jawabannya justru dari sisi pemerintah dengan kebijakan fiskalnya,” ujar Ryan.

*Berita ini sudah tayang di Tempo.co dengan judul: Suku Bunga Acuan Naik, Sinyal BI Mulai Perketat Moneter? 



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com