Menpar Arief Yahya Launching TIFF Tahun 2018

Menpar Arief Yahya Launching TIFF Tahun 2018

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Menteri Pariwisata RI Arief Yahya meluncurkan secara langsung Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2018, Senin (9/7/2018). Launching TIFF ke-8 tahun 2018 ini pun merupakan yang pertama kalinya dilakukan langsung oleh Menpar selama pelaksanaan TIFF.

Launching iven yang bertema Beautiful Tomohon ini pun digelar di ruang Balairung, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar dan Ekonomi Kreatif RI.

Kegiatan tersebut pun diawali dengan pertunjukan seni tradisional dari Minahasa, serta penayangan pelaksanaan TIFF tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Panitia TIFF ke-8 Coreta Louis Kapoyos dalam sambutannya mengatakan, Kota Tomohon memiliki potensi besar, mulai dari destinasi wisata hingga bunga.

Terkait hal tersebut, kata dia, Kota Tomohon berani menggelar iven berskala nasional, yakni TIFF sejak tahun 2018.

“Menyadari hal tersebut, Tomohon berani menggelar TIFF dengan puncak acara ToF, di mana Tomohon juga merupakan
daerah yang aman sehingga menggelar berbagai iven nasional dan internasional,” ujar desainer ternama di Indonesia ini.

Dia memastikan, sejumlah negara akan turut serta dalam iven internasional yang telah masuk dalam 100 Calender of Event Kementerian Pariwisata ini.

Bahkan, lanjut dia, Prince dan Princess Georgia merencanakan untuk datang ke Tomohon menikmati iven serupa parade bunga di Pasadena Amerika Serikat tersebut.

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam sambutannya mengatakan, pariwisata merupakan leading sektor di Kota Tomohon yang menjadi instrumen pembangunan. Menurut Eman, kunjungan wisatawan di Kota Tomohon terus mengalami peningkatan sejak tiga tahun terakhir.

Bahkan, kata dia, di tahun 2017, kunjungan wisatawan di Kota Tomohon naik tiga kali lipat menjadi 90.000.

“TIFF kali ini merupakan yang ke-8. Iven ini diharapkan bisa efektif dan efisien dalam mempromosikan potensi wisata di Kota Tomohon, serta industri pendukungnya,” katanya.

Eman pun mengajak masyarakat Indonesia dan dunia untuk menghadiri TIFF ke-8 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

Sementara itu, Menpar Arief Yahya dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan TIFF 2018. Buktinya, kata dia, TIFF kali ini masuk dalam 100 iven nasional atau Calender of Event Kemenpar.

“Kami mendukung penuh TIFF 2018 ini. Saya sudah katakan agar Tomohon didampingi orang-orang nasional. Jangan malu-maluin Tomohon,” ungkapnya.

“Tomohon merupakan Pasadenanya Indonesia,” timpalnya.

Menpar menambahkan, Kota Tomohon merupakan salah satu penyumbang dalam pertumbuhan wisata di Sulawesi Utara (Sulut).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Tomohon Miky YL Wenur, Wakil Walikota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan, sejumlah perwakilan Duta Besar, perwakilan Kemenlu, sejumlah anggota DPRD Kota Tomohon, jajaran Pemkot Tomohon, Kawanua Jakarta dan tamu undangan lainnya.

 

Editor : Christo Senduk

Facebook Comments