Pengawasan Orangtua Murid Diperlukan Selama Proses Pendidikan di Sekolah

Pengawasan Orangtua Murid Diperlukan Selama Proses Pendidikan di Sekolah

SITARO, ZONASULUT.com – Libur panjang setelah ujian nasional telah usai, para siswa mulai kembali menghadapi tahun ajaran baru. Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), sejak hari pertama masuk sekolah, Senin (16/7/2018), banyak orangtua siswa yang turut serta mengantar anak mereka ke sekolah.

Mereka tidak mau melewatkan momen penting bagi anak-anak mereka. Selain memberikan semangat dan motivasi, mereka juga memberikan kepercayaan diri kepada si anak agar dapat menjalani masa pendidikan dengan baik.

Salah seorang diantara orangtua siswa, Nouva Liunsanda menuturkan, mengantar anak ke sekolah penting bagi orangtua siswa. Selain sebagai bentuk perhatian terhadap anak, juga agar orangtua bisa memastikan apakah anak-anak mereka sampai ke sekolah atau malah mampir ke tempat lain.

“Saya tetap antar anak ke sekolah. Agar bisa kita pantau terus dari berangkat, sampai anak datang ke sekolahan. Selanjutnya sudah tanggungjawab sekolah yang menghendel langsung dari kegiatan belajar dan seterusnya,” Terangnya, Selasa (17/7/2018)

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Siau Timur, Hendryman CH Dalughu menyambut positif langkah para orang tua murid ini. Ia mengatakan, peran orangtua pada masa pendidikan bisa mendorong para peserta didik agar lebih giat belajar dan serius menjalani setiap tahapan pembelajaran yang ada di sekolah.

“Ini bagian dari pendidikan keluarga. Artinya, bahwa tanggung jawab pendidikan tidak hanya terletak pada pemerintah atau sekolah saja. Masyarakat dalam hal ini orang tua juga ikut berperan,” ujarnya.

Meski begitu, Dalughu  berharap, hal ini bukan hanya dilakukan pada saat hari pertama dan kedua masuk sekolah, namun seterusnya. Agar supaya, orangtua bisa memantau lansung kegiatan anaknya.

Penulis : Albert Pieterhein Nalang

Editor : Rizali Posumah

Facebook Comments