Ini Target Parpol di Kota Tomohon di Pileg 2019

TOMOHON, ZONASULUT.com Sebanyak 10 Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, telah resmi memasukan daftar bakal calon anggota legislatif (caleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon.

Kesepuluh parpol tersebut, masing-masing Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya.

Sejumlah parpol pun membeberkan target mereka dalam perebutan kuris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon pada pesta demokrasi 2019 mendatang.

Ketua Partai Golkar Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang memasukan langsung daftar bakal caleg di KPU Senin (16/7/2018) lalu mengatakan, pihaknya menargetkan raihan 50% kursi yang ada di DPRD Tomohon.

“Dengan melihat komposisi yang ada, kami targetkan sebanyak 50% raihan kursi di DPRD Kota Tomohon,” ujar Eman, yang kala itu didampingi jajaran pengurus Partai Golkar Kota Tomohon bersama para bakal caleg, dari tiga daerah pemilihan (dapil).

Di lain pihak, PDIP yang memasukan daftar bakal caleg di hari terakhir pendaftaran menargetkan 10 kursi.

“Target kami PDIP Kota Tomohon meraih 10 kursi di DPRD Tomohon,” ungkap Ketua PDIP Tomohon Carol JA Senduk, Selasa (17/7/2018).

Partai Gerindra yang juga memasukan daftar bakal caleg di injury time mengajukan 100% calon di semua dapil. Dan targetnya, Partai besutan Prabowo Subianto ini meraih tiga kursi DPRD.

“Kami tidak melihat hanya sampai pada pileg, tapi sampai Pilkada. Di mana, target kami bisa merah satu fraksi, yaitu dua kursi di Dapil I dan masing-masing satu kursi di Dapil II dan III,” kata Ketua Partai Gerindra Kota Tomohon Mono F Turang.

Menurut dia, komposisi yang diajukan sebagai bakal caleg kala ini berasal dari berbagai kalangan dan profesi, serta mengakomodir para generasi muda.

“Intinya kami memberikan kesempatan bagi semua kalangan yang ingin berkarya untuk masyarakat Kota Tomohon,” pungkasnya.

Lain halnya dengan Partai Hanura Kota Tomohon. Di mana, Partai yang digawangi Fischer Mangundap ini hanya mengajukan calon di dua dapil, yaitu Dapil I dan Dapil II dengan total bakal caleg sebanyak sembilan orang.

“Kami menargetkan meraih tiga kursi dewan. Dan itu merupakan target yang realistis,” kata Mangundap.

Sementara, Partai Demokrat Kota Tomohon tetap mengajukan sebanyak 100% bakal caleg di seluruh dapil di Kota Tomohon, dengan target raihan kursi di DPRD sebanyak satu fraksi.

“Kami menargetkan raihan kursi sebanyak satu fraksi,” ujar Ketua Partai Demokrat Kota Tomohon Youddy YY Moningka.

Menurut Wakil Ketua DPRD Tomohon itu, bakal caleg yang diajukan tersebut merupakan kader-kader Partai Demokrat yang berasal dari berbagai kalangan dan generasi.

“Yang pasti Partai Demokrat mengakomodir kader dan tentunya membuka peluang karena sifat partai inklusif. Jadi siapa saja yang ingin bergabung, Partai Demokrat terbuka dan itu sudah terbukti,” pungkasnya.

Target meraih satu fraksi di DPRD pun ditargetkan Partai Nasdem Kota Tomohon. Ketua Partai Nasdem Kota Tomohon Andy Raymond Sengkey mengatakan, dengan komposisi caleg yang sudah diajukan ke KPU tersebut, pihaknya optimis bisa meraih empat kursi.

“Saat ini, dengan bergabungnya figur-figur terbaik, tentu kami berharap target kami melebihi raihan di pileg sebelumnya. Kami yakin, dengan komposisi yang ada saat ini, kami bisa menjadi tiga besar dan meraih empat kursi di DPRD Tomohon,” ujar mantan Ketua DPRD Kota Tomohon yang kini maju sebagai bakal caleg di DPRD Sulut, Dapil Minahasa-Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.