Connect with us

Zona Tomohon

Kejari Tomohon Eksekusi Tiga Terpidana Kasus PDAM Minahasa

Published

on

TOMOHON, ZONASULUT.com Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon melakukan eksekusi terhadap tiga terpidana kasus korupsi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa tahun 2005, Rabu (18/7/2018).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Sugandy Mokoagow mengatakan, tiga terpidana yang dieksekusi tersebut, masing-masing Ricky Pontoh, Wilhelmus AP Rumende dan Samadikun.

Menurut dia, ketiganya merupakan mantan Direktur di PDAM Minahasa. Sebelum dieksekusi ke Lapas Tondano, oleh Tim Eksekutor yang terdiri dari Sugandy, Windhu Sugiart, Christomy Bonar dan Deri F. Rachman, menjemput ketiganya di rumah masing-masing.

Usai dijemput, ketiganya menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter yang kemudian dibawa ke Lapas Tondano untuk menjalani hukumannya dengan pengawalan ketat aparat dari Polres Tomohon.

“Eksekusi ini dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor : 114/K/PID.SUS/2014, serta Surat Perintah pelaksanaan putusan pengadilan dengan Nomor Print 17/R.1.15/Ft.1/11/2017 tanggal 15 November 2017 yang ditandatangani Kajari Tomohon Edy Winarko,” ujarnya.

Dia menjelaskan, para terpidana dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara sekitar Rp82 juta.

Para terpidana, lanjut dia, divonis dengan hukuman penjara selama satu tahun dan membayar denda sebesar Rp50 juta, subsider tiga bulan kurungan penjara.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Dukung visi Jokowi-Amin di sektor pariwisata, Eman nyatakan siap bersinergi

Published

on

Wali Kota Eman saat berdiskusi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Dukungan dan sinergitas dinyatakan oleh Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman terhadap visi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur penunjang ekonomi melalui kepariwisataan.

Eman mengatakan, reformasi ekonomi untuk Kota Tomohon lebih dititikberatkan pada sektor pariwisata.

Maka, kata Eman, sebagai bagian dari Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tomohon-Tondano dan sekitarnya sebagaimana tercantum PP nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Riparnas) tahun 2010-2025 Pemerintah Kota Tomohon berkehendak menjajaki terbukanya peluang menjadikan Tomohon sebagai salah satu “The New Growth Pole”.

“Setidaknya, di skala ekonomi regional Sulut, dengan mengusung usulan pemantapan dan akselerasi perwujudan Tomohon sebagai salah satu KPPN dan KSPN sebagaimana di atas, juga penjajakan kemungkinan pembentukan KEK Pariwisata Dataran Tinggi,” ujarnya.

Eman menjelaskan, hal tersebut dilakukan karena merupakan peluang emas yang wajib disikapi dengan penjajakan besar, untuk penyiapan rencana aksi besar oleh Pemerintah Kota Tomohon.

Diketahui, Wali Kota Eman didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) telah menindaklanjuti hal ini bersama komponen terkait, para pemangku kepentingan dalam bidang kepariwisataan di Jakarta, 8 November 2019 lalu.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com