Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Kejari Tomohon Eksekusi Tiga Terpidana Kasus PDAM Minahasa

Published

on

TOMOHON, ZONASULUT.com Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon melakukan eksekusi terhadap tiga terpidana kasus korupsi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa tahun 2005, Rabu (18/7/2018).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Sugandy Mokoagow mengatakan, tiga terpidana yang dieksekusi tersebut, masing-masing Ricky Pontoh, Wilhelmus AP Rumende dan Samadikun.

Menurut dia, ketiganya merupakan mantan Direktur di PDAM Minahasa. Sebelum dieksekusi ke Lapas Tondano, oleh Tim Eksekutor yang terdiri dari Sugandy, Windhu Sugiart, Christomy Bonar dan Deri F. Rachman, menjemput ketiganya di rumah masing-masing.

Usai dijemput, ketiganya menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter yang kemudian dibawa ke Lapas Tondano untuk menjalani hukumannya dengan pengawalan ketat aparat dari Polres Tomohon.

“Eksekusi ini dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor : 114/K/PID.SUS/2014, serta Surat Perintah pelaksanaan putusan pengadilan dengan Nomor Print 17/R.1.15/Ft.1/11/2017 tanggal 15 November 2017 yang ditandatangani Kajari Tomohon Edy Winarko,” ujarnya.

Dia menjelaskan, para terpidana dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara sekitar Rp82 juta.

Para terpidana, lanjut dia, divonis dengan hukuman penjara selama satu tahun dan membayar denda sebesar Rp50 juta, subsider tiga bulan kurungan penjara.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, ini kata Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Kamis (24/5/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka langsung kegiatan yang digelar di Wise Hotel Tomohon tersebut.

Eman dalam sambutannya mengatakan, Kota Tomohon dalam waktu dekat segera memiliki jaringan internet pendukung.

Menurut dia, jaringan internet pendukung yang bekerja sama dengan provider lainnya tersebut dipersiapkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Kota Tomohon.

Hal itu pun, kata Eman, patut oleh Kota Tomohon. Eman berharap, ke depan di Tomohon tidak ada lagi wilayah yang masuk dalam Blank Spot.

Eman menjelaskan, jaringan internet merupakan kunci dalam menggunakan SPBE.

“Dengan penerapan e-government, maka pemerintah harus mengumpulkan data-data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan internet. Jadi, jaringan internet menjadi salah satu hal penting di zaman milenial ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tomohon Jusak Toar Pandeirot dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara pemerintahan tentang SPBE.

“Serta, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua Relawan TIK Tomohon Quido Kainde.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending