900 Penyelawan Wanita Akan Bentangkan Sang Saka di Bawah Laut Manado

MANADO, ZONASULUT.com Dalam rangka memeringati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai Istri Kapolri, yakni Tri Tito Karnavian, akan menggelar pemecahan rekor MURI dengan melepas sekitar 900 penyelam wanita di kedalaman laut Kota Manado.

Kegiatan ini rencananya akan digelar dari tanggal 10 hingga 11 Agustus 2018 mendatang, dan berpusat di Kawasan Megamas Manado. 900 penyelam wanita yang akan ikut dalam kegiatan ini akan melakukan pembentangan bendera merah putih di bawah laut.

Dalam gelaran jumpa pers, Sabtu (21/7/2018) kemarin, Tri Tito Karnavian mengatakan kesiapan mereka saat ini secara teknis sudah mencapai 80 persen. Ia menuturkan, para peserta akan dibagi dalam 21 kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah kurang lebih 40 orang.

“Setiap regu akan dikoordinir oleh seorang koordinator dan dibantu oleh 10 orang safety diver,” ujar Ketua Umum Bhayangkari ini.

Selain penyelaman massal, Panitia juga akan menggelar hiburan bagi masyarakat, diantaranya hiburan live musik artis nasional dan lokal, program car free day dan olah raga bersama.

“Nantinya akan ada tarian minahasa, maumere dan zumba. Kita juga akan mendatangkan artis-artis Ibukota seperti Band Gigi, Virza Idol dan Ada Band,” imbuhnya.

Pada awalnya, kata Tri, gelaran pemecahan rekor MURI ini sama sekali tidak melirik Manado sebagai lokasinya. Hanya saja, kata dia, saat menurunkan tim survei di lapangan, mereka lantas mempertimbangkan banyak hal dan akhirnya memilih Manado sebagai lokasi penyelaman.

“Dari awal saya sudah menghindari Manado sebagai lokasinya, karena Manado sudah terkenal dengan objek bawah lautnya. Saya malah ingin mencari dan mengangkat daerah-daerah yang belum banyak diekspos. Namun ternyata, setelah mempertimbangkan banyak hal, pilihannya jatuh ke Manado,” pungkasnya disusul senyuman manis.

Gelaran ini didasarkan semangat memperkenalkan periwisata bawah laut Indonesia. Selain itu, lewat kegiatan ini, WASI mengajak siapa saja terutama masyarakat Indonesia agar selalu memperhatikan dan menjaga lingkungan hidup. Lebihnya, acara ini diselanggarakan sebagai upaya memasyarakatkan olahraga selam di kalangan perempuan dan masyarakat umum.

Penulis : Rhendy Umar

Editor : Rizali Posumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.