Connect with us

Zona Tomohon

Pemkot Tomohon Sosialisasi Rencana Aksi Nasional HAM

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Bagian Hukum Setdakot Selasa (24/7/2018) menggelar Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan, berdasarkan UU No 39 Tahun 1999, pemerintah menetapkan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham) yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No 75 Tahun 2015.

Ranham merupakan dokumen yang memuat sasaran strategis dan fokus kepada kegiatan prioritas rencana aksi nasional hak asasi manusia Indonesia.

”Kota Tomohon sudah tiga kali mendapatkan penghargaan Kota Peduli HAM oleh Presiden Republik Indonesia. Untuk itu saya harapkan tahun ini, Kota Tomohon dapat kembali mendapatkan penghargaan tersebut lewat peran setiap perangkat daerah dalam memasukkan data yang diminta oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,” tukas Eman.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Tomohon Denny M Mangundap SH dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perlindungan, pemenuhan, penegakan dan kemajuan HAM bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Tomohon.

Juga terlaksananya pemantauan, evaluasi dan pelaporan serta adanya pemahaman Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia yang baik pada ASN.

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Sub Bagian Pemajuan Hak Asasi Manusia Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Stevenson H Roring SH, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK serta para peserta dari ASN di Pemerintah Kota Tomohon.

 

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Pelaku coblos dua kali dijeblos ke sel

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setelah divonis oleh Pengadilan Tinggi (PT) Manado dan memperoleh kekuatan hukum tetap, pelaku coblos dua kali, yakni lelaki Lucki S Wurangian, warga Kecamatan Tomohon Barat, akhirnya dijebloskan ke penjara.

Eksekusi terhadap pelaku pun dilakukan Tim Jaksa Eksekutor dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tondano, Senin (10/6/2019).

Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko ketika dikonfirmasi melalui Kepa Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Dian Subdiana membenarkan hal tersebut.

“Iya, terpidana sudah kami eksekusi ke Lapas Tondano,” ujar Subdiana, didampingi Jaksa David Andrianto.

Menurut dia, dalam mengeksekusi terpidana, pihaknya turut didampingi personel dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Tomohon.

“Terpidana akan menjalani hukuman sebagaimana putusan dari Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Manado,” pungkasnya.

Diketahui, Lucki divonis harus menjalani kurungan penjara selama satu bulan dan membayar denda Rp2 juta subsider satu bulan penjara setelah dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana Pemilihan Umum (Pemilu) pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda pada 17 April 2019 lalu.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com