Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Penetapan Tersangka Kasus Panwaslu Tomohon Tunggu Hasil Audit

Published

on

TOMOHON, ZONASULUT.com Sebanyak tiga kasus dugaan tindak pidana korupsi menjadi prioritas Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon untuk dituntaskan di tahun 2018 ini.

Kasus-kasus tersebut, yakni kasus dugaan korupsi di Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tomohon tahun 2015-2016, kasus dugaan korupsi di DPPKBMD Tomohon tahun 2013, serta kasus dugaan korupsi dana hibah di Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tomohon tahun 2015-2016.

Demikian ditegaskan Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta. Dia mengatakan, ketiga kasus tersebut kini sudah masuk dalam tahapan penyidikan.

Di mana, kata Wilke, pihaknya masih sementara melakukan pengumpulan bukti-bukti atas kasus-kasus tersebut.

“Kami sudah meminta audit kerugian negara dari ahli terkait kasus-kasus tersebut. Kalau sudah ada hasil audit dan semua bukti terkumpul, kami akan menentukan sikap dan menentukan tersangka,” ujar Wilke kepada sejumlah wartawan, saat diwawancarai di ruangannya, Selasa (24/7/2018).

Menurut Ketua Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4D) Kejari Tomohon ini, pihaknya terus berupaya untuk menuntaskan kasus-kasus yang telah berproses tersebut.

“Sudah ada indikasi-indikasi praktik tindak pidana korupsi, tapi kami masih tetap melakukan pengumpulan alat-alat bukti untuk selanjutnya menentukan sikap,” pungkasnya.

Diketahui, untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi dana hibah di Panwaslu Tomohon tahun 2015, tim penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, mulai dari staf, bendahara, hingga para pimpinan Panwaslu kala itu.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, ini kata Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Kamis (24/5/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka langsung kegiatan yang digelar di Wise Hotel Tomohon tersebut.

Eman dalam sambutannya mengatakan, Kota Tomohon dalam waktu dekat segera memiliki jaringan internet pendukung.

Menurut dia, jaringan internet pendukung yang bekerja sama dengan provider lainnya tersebut dipersiapkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Kota Tomohon.

Hal itu pun, kata Eman, patut oleh Kota Tomohon. Eman berharap, ke depan di Tomohon tidak ada lagi wilayah yang masuk dalam Blank Spot.

Eman menjelaskan, jaringan internet merupakan kunci dalam menggunakan SPBE.

“Dengan penerapan e-government, maka pemerintah harus mengumpulkan data-data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan internet. Jadi, jaringan internet menjadi salah satu hal penting di zaman milenial ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tomohon Jusak Toar Pandeirot dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara pemerintahan tentang SPBE.

“Serta, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua Relawan TIK Tomohon Quido Kainde.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending