Connect with us

Zona Tomohon

Siap Tindak Baliho Caleg, Bawaslu Tomohon Tunggu Instruksi

Published

on

TOMOHONZONAUTARA.com Tahapan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) kini telah masuk dalam tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Meski masih berstatus sebagai calon sementara, namun sejumlah bakal caleg di Kota Tomohon mulai mencuri start, dengan melakukan sosialisasi melalui baliho yang sudah terpampang di sejumlah sudut.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah caleg bahkan telah menuliskan logo dan nama partai pengusung, serta nomor urutnya. Terkait hal tersebut, pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan siap untuk melakukan penindakan.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy T Soputan melalui pimpinan Bawaslu Steffen S Linu mengatakan, berdasarkan aturan yang ada, saat ini memang belum ada tahapan kampanye.

Selain itu juga belum ada regulasi yang mengatur soal baliho ini. Sehingga saat ini, kata Linu, pihaknya masih menunggu instruksi dari Bawaslu Provinsi terkait penindakan baliho ini.

“Baliho memang harus memenuhi unsur-unsur yang diatur dalam Undang-Undang (UU). Tapi saat ini belum ada tahapan kampanye dan juga belum ada regulasi yang mengatur, sehingga kami masih menunggu instruksi,” ujar Linu, Rabu (22/8/2018).

Menurut dia, baliho-baliho yang sudah dipasang di sejumlah sudut di Kota Tomohon ini berpeluang untuk diturunkan, jika memang berdasarkan UU terbukti melanggar.

“Bawaslu akan menyikapi. Kalau melanggar, yah akan disikapi,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

KPU Tomohon resmi tutup pemasukan dokumen bapaslon perseorangan

Published

on

Ketua KPU saat menutup buku registrasi pemasukan dokumen dukungan bapaslon perseorangan. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon resmi menutup tahapan pemasukan syarat dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WITA.

Pantauan Zona Utara, penutupan tahapan pemasukan dokumen tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut didampingi empat komisioner lainnya, masing-masing Stenly Kowaas, Robby Golioth, Jacobus Wowor dan Albertien Vierna Pijoh.

“Setelah jam menunjukkan pukul 00.00 WITA (Minggu, 23 Februari), maka sesuai perundang-undangan yang berlaku, penyerahan dokumen syarat perseorangan resmi ditutup,” ujar Lasut, Senin (24/2/2020) dini hari.

Menurut Lasut, sejak Rabu (19/2) sampai Jumat (21/2), tidak ada yang menyerahkan dokumen syarat dukungan bapaslon perseorangan.

“Nanti pada hari Sabtu, 22 Februari 2020, ada yang menyerahkan dokumen dukungan bapaslon perseorangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon atas nama Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno,” tuturnya.

Hingga pada Minggu tengah malam, lanjut dia, pihaknya resmi menutup tahapan penyerahan dokumen dukungan perseorangan, tanpa adanya bapaslon lain  yang datang memasukkan dokumen dukungan perseorangan.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis Robby Golioth menjelaskan, dukungan yang telah dimasukkan oleh bapaslon Wali Kota Robert Pelealu dan bapaslon Wakil Wali Kota Sello Fransiskus HA Soekirno, akan segera diverifikasi administrasi hingga faktual.

“Mulai tanggal 27 Februari, kami akan melakukan verifikasi administrasi sampai 25 Maret. Setelah itu, kami akan melakukan verifikasi faktual pada 26 Maret sampai 15 April,” tuturnya.

Soal verifikasi faktual, lanjut Golioth, pihaknya akan memfaktualkan dukungan yang dimasukkan tersebut, dengan menanyakan secara langsung kepada pemberi dukungan soal kebenaran dukungan yang diberikan kepada bapaslon itu.

Diketahui, tahapan pemasukkan dokumen bapaslon perseorangan di KPU Tomohon ini dikawal ketat oleh Bawaslu Tomohon yang dipimpin langsung Ketua Deisy T Soputan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com