Connect with us

Zona Tomohon

Tomohon Masuk Kategori Daerah Tertinggi Obesitas

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kota Tomohon ternyata masuk kategori daerah tertinggi obesitas atau orang gemuk dari kabupaten dan kota lainnya di Indonesia berdasarkan data yang dimiliki Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Untuk itu, selang 27-29 Agustus, bertempat di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur, dilaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Olahraga Obesitas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara melalui Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular  dan Kesehatan Jiwa dr Felicia Kalesaran mengungkapkan, dipilihnya Kota Tomohon sebagai lokasi kegiatan karena merupakan daerah yang tingkat obesitasnya tertinggi di Indonesia.

“Sulawesi Utara merupakan provinsi kedua tertinggi tingkat obesitas. Dan, Kota Tomohon tertinggi di Sulawesi Utara dan masuk dalah satu daerah tertinggi tingkat obesitasnya di Indonesia,” ujar Kalesaran.

Untuk itu dalam materinya, dr Felicia menganjurkan  masyarakat untuk rajin berolahraga dan mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak yang berpotensi menimbulkan obesitas serta tidak merokok.

“Ini jika mau terhindar dari obesitas. Pola makan juga sangat mempengaruhi terjadinya obesitas. Harus perbanyak buah-buahan dan sayuran,” tandasnya.

Pemateri lainnya adalah dr Joy Ratu. Menurutnya, setiap hari dengan berolahraga minimal 30 menit bisa mencegah terjadinya obesitas. Apalagi banyak mengkonsumsi  buah dan sayur serta rajin memeriksakan kesehatan.

Pemateri lainnya, Marthen Manua, Kabid Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Lingkungan mewakili Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed serta dr Rima F Lolong dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Panitia kian matangkan pelaksanaan TIFF 2019

Published

on

Ketua Umum Panitia Angelica Tengker saat memimpin rapat panitia. (Foto: Humas Pemkot)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 tinggal menghitung hari. Panitia pelaksana pun kian mematangkan pelaksanaan iven yang kini mengambil tema ‘The Greatest Love of All’ ini.

Di mana, Panitia TIFF 2019 dipimpin langsung Ketua Umum Angelica Tengker, dengan didamping para Asisten Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tomohon, menggelar rapat guna memantapkan pelaksanaan iven tahunan ini, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Setda, Jumat (17/7/2019).

Rapat yang turut dihadiri oleh seluruh panitia TIFF, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pioh, Event Organizer, perwakilan Polres Tomohon dan pihak terkait ini pun khusus membahas terkait Rundown pelaksanaan TIFF mulai dari 2 hingga 12 Agustus 2019.

Angelica dalam kesempatan tersebut meminta agar persiapan dalam menyambut iven besar ini agar dapat betul-betul dimatangkan.

“Para panitia yang di dalamnya juga para Perangkat Daerah seperti Camat, agar dapat mengimbau para Lurah untuk mulai saat ini dapat melakukan pembersihan dan juga memperindah wilayah masing-masing, karena para undangan maupun turis lokal dan mancanegara ada yang akan masuk ke kota Tomohon jauh sebelum iven ini dimulai,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com