Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Tomohon Masuk Kategori Daerah Tertinggi Obesitas

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kota Tomohon ternyata masuk kategori daerah tertinggi obesitas atau orang gemuk dari kabupaten dan kota lainnya di Indonesia berdasarkan data yang dimiliki Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Untuk itu, selang 27-29 Agustus, bertempat di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur, dilaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Olahraga Obesitas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara melalui Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular  dan Kesehatan Jiwa dr Felicia Kalesaran mengungkapkan, dipilihnya Kota Tomohon sebagai lokasi kegiatan karena merupakan daerah yang tingkat obesitasnya tertinggi di Indonesia.

“Sulawesi Utara merupakan provinsi kedua tertinggi tingkat obesitas. Dan, Kota Tomohon tertinggi di Sulawesi Utara dan masuk dalah satu daerah tertinggi tingkat obesitasnya di Indonesia,” ujar Kalesaran.

Untuk itu dalam materinya, dr Felicia menganjurkan  masyarakat untuk rajin berolahraga dan mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak yang berpotensi menimbulkan obesitas serta tidak merokok.

“Ini jika mau terhindar dari obesitas. Pola makan juga sangat mempengaruhi terjadinya obesitas. Harus perbanyak buah-buahan dan sayuran,” tandasnya.

Pemateri lainnya adalah dr Joy Ratu. Menurutnya, setiap hari dengan berolahraga minimal 30 menit bisa mencegah terjadinya obesitas. Apalagi banyak mengkonsumsi  buah dan sayur serta rajin memeriksakan kesehatan.

Pemateri lainnya, Marthen Manua, Kabid Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Lingkungan mewakili Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed serta dr Rima F Lolong dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman: mari kita jaga suasana tetap kondusif

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Masyarakat pun diminta untuk menerima apapun yang dihasilkan oleh para penyelenggara Pemilu tersebut dan kembali menyatukan perbedaan yang ada.

Seperti yang diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dia mengatakan, pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari pusat hingga daerah telah terlaksana dengan baik.

Menurut Eman, saat ini merupakan waktu untuk meninggalkan segala perbedaan yang tercipta dalam Pemilu lalu.

“Kami, pemerintah bersama Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon berharap, agar pasca-pesta demokrasi, suasana kondusif dapat terjaga,” ungkap Eman, di sela-sela Sosialisasi dan Dialog Sinergitas para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di aula Homestay Walian, Selasa (21/5/2019).

Eman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berimplikasi hukum dan dapat menimbulkan keresahan, serta ketidaktentraman, hingga meruntuhkan semangat persatuan di Kota yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia ini.

“Mari sama-sama kita jaga kerukunan, kesatuan dan persatuan yang sudah lama tercipta di Kota yang kita cintai ini. Semoga Kota Tomohon dapat menjadi berkat di Sulawesi Utara ini,” harapnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending