Connect with us

Zona Tomohon

Tomohon Masuk Kategori Daerah Tertinggi Obesitas

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kota Tomohon ternyata masuk kategori daerah tertinggi obesitas atau orang gemuk dari kabupaten dan kota lainnya di Indonesia berdasarkan data yang dimiliki Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Untuk itu, selang 27-29 Agustus, bertempat di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur, dilaksanakan kegiatan Orientasi Kesehatan Olahraga Obesitas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara melalui Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular  dan Kesehatan Jiwa dr Felicia Kalesaran mengungkapkan, dipilihnya Kota Tomohon sebagai lokasi kegiatan karena merupakan daerah yang tingkat obesitasnya tertinggi di Indonesia.

“Sulawesi Utara merupakan provinsi kedua tertinggi tingkat obesitas. Dan, Kota Tomohon tertinggi di Sulawesi Utara dan masuk dalah satu daerah tertinggi tingkat obesitasnya di Indonesia,” ujar Kalesaran.

Untuk itu dalam materinya, dr Felicia menganjurkan  masyarakat untuk rajin berolahraga dan mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak yang berpotensi menimbulkan obesitas serta tidak merokok.

“Ini jika mau terhindar dari obesitas. Pola makan juga sangat mempengaruhi terjadinya obesitas. Harus perbanyak buah-buahan dan sayuran,” tandasnya.

Pemateri lainnya adalah dr Joy Ratu. Menurutnya, setiap hari dengan berolahraga minimal 30 menit bisa mencegah terjadinya obesitas. Apalagi banyak mengkonsumsi  buah dan sayur serta rajin memeriksakan kesehatan.

Pemateri lainnya, Marthen Manua, Kabid Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Lingkungan mewakili Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed serta dr Rima F Lolong dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

 

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Tomohon

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Tomohon bertambah dua

Di Sulut sudah ada 180 kasus positif.

Bagikan !

Published

on

Pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk Kota Tomohon. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali merilis data Covid-19, Kamis (21/5/2020).

Juru Bicara (Jubir) Steaven Dandel mengatakan, ada sebanyak 30 kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Sulut.

Kasus-kasus baru itupun berasal dari Manado, Minahasa Utara, Minahasa, Sangihe, Minahasa Selatan dan Tomohon.

Untuk Kota Tomohon pun ada penambahan dua kasus positif covid-19.

Pasien tersebut, yakni pertama, perempuan 53 tahun, kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan pasien positif 73.

“Kemudian, satu pasien positif lainnya, yakni laki-laki berusia 17 tahun, yang sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di salah satu Rumah Sakit (RS) swasta di Kota Tomohon,” jelas Dandel.

Belum diketahui asal pasti dari kedua pasien positif tersebut, menunggu keterangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com