Tampil Tungku, Stand TN Bromo Tengger Semeru Expose Tradisi Suku Tengger

zonautara.com

BITUNG, Zonautara.com – Pelaksanaan kegiatan Jambore Nasional Konservasi Alam dan Pameran Konservasi Alam serta Produk Unggulan, telah memasuki hari kedua.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018 itu dilaksanakan di TWA Batuhputih, Kecamatan Ranowulu, Bitung.

Dalam kegiatan ini, Taman Nasional Bromo Tengger dan Sumeru (TN BTS), yang langsung berada dibawah pengawasan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem, menampilkan materi yang berkorelasi antara alam dan budaya, lewat pola hidup mereka.

Saat ditemui Zonautara.com di lokasi stand pameran, Rabu (29/8/2018), seorang delegasi TN BTS, Mahmuddin Rahmadana menjelaskan bahwa perwakilan daerahnya, menampillan budaya hidup masyarakat Tengger, yang tinggal di area Gunung Bromo.

“Hal ini seirama dengan tema umum dari kegiatan ini, yakni Harmonisasi Alam dan Budaya,” ujar Rahmadana.

Dalam kebudayaan masyarakat Tengger, mereka yakin bahwa langit adalah ayah, sedangkan bumi identik dengan Ibu.

Dengan demikian maka semua yang tumbuh di atas bumi, terlebih yang berada di sekitar tempat tinggal mereka, termasuk hutan serta satwa yang berada di dalamnya, wajib dilindungi serta dijaga kekestariannya. Itu sama layaknya menjaga dan melindungi Ibu.

Menariknya, delegasi ini juga menampilkan tungku api dalam stand mereka. Menurut Rahmadana, hal ini merupakan representasi dari cara hidup masyarakat Tengger, dalam hal menerina tamu.

“Mereka tidak pernah menerima tamu di ruang tamu mereka, namun langsung di dapur, dan duduk di dekat tungku api,” ujar Rahmadana.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena warga Tengger hidup di hawa dingin.

“Mereka hidup di daerah gunung Bromo, dengan ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut,” jelas Rahmadana.

Pola hidup yang serasi dengan alam inilah, akhirnya diangkat dan diekspose oleh TN BTS dalam iven HKAN tahun ini.

 

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.