Loading...
Copy

Disdukcapil Bakal Jemput Bola Lakukan Perekaman di Sekolah

TOMOHON, ZONAUTARA.com Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tomohon terus melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat melalui program jemput bola.

Di mana, pelayanan berupa perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran dilakukan langsung oleh petugas Disdukcapil di setiap kelurahan. Pelayanan itu pun masih terus berlangsung hingga saat ini.

Kepala Disdukcapil Tomohon Albert J Tulus mengatakan, program jemput bola ini merupakan upaya untuk memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan dan capil.

“Program jemput bola, yakni dengan pelayanan langsung ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Mereka mengaku sangat terbantu dengan program ini,” ungkap Tulus, Selasa (4/8/2018).

Dia menjelaskan, selain jemput bola di kelurahan-kelurahan, pihaknya pun dalam waktu dekat akan melakukan jemput bola atau pelayanan langsung di sekolah-sekolah.

Hal tersebut, kata Tulus, untuk menjaring usia potensial yang sudah wajib pilih dan belum memiliki KTP Elektronik.

Menurut dia, pelayanan di sekolah itu pun juga dilakukan untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Menurut pihak KPU, masih ada sekitar 1000 lebih wajib pilih yang belum memiliki KTP Elektronik. Jadi, salah satu cara dari kami untuk menjaring siswa wajib pilih yang belum memiliki KTP Elektronik adalah dengan melakukan perekaman di sekolah untuk menjaring usia potensial yang belum memiliki KTP Elektronik,” jelasnya.

Pihaknya pun menargetkan, akhir tahun 2018, semua wajib pilih sudah melakukan perekaman KTP Elektronik. Sehingga, lanjut dia, di tahun 2019, semua wajib pilih bisa menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.