Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Wawali Paparkan Potensi Florikultura Tomohon di Lembang

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, menghadiri sekaligus menjadi pemateri dari lima narasumber yang diundang pada kegiatan Koordinasi Kerjasama Pelaku Usaha Lintas Kawasan Agribisnis Florikultura untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, di Lembang, Jawa Barat, Jumat (21/9/2018).

Dalam materinya, Wawali memaparkan tentang potensi dan prospek pengembangan kawasan Florikultura di Kota Tomohon.

Di mana, kata Sompotan, jenis tanaman florikultura yang dikembangkan di Kota Tomohon, yaitu Bunga Krisan, Mawar, Aster, Gladiol, Poikok, Anthurium, Kreklely, dan lainnya.

“Dukungan Pemerintah Kota Tomohon untuk pengembangan Florikultura antara lain dengan memberikan bantuan sarana produksi, alsintan, screen house setiap tahun, peningkatan SDM petani, dekorator, pengembangan dan perluasan, serta dukungan sarana prasarana pada balai perbenihan dan agrowidyawisata (Show Window) dan dana talangan ketika terjadi over produksi bunga,” ujarnya.

Sementata itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Vonny F. Pontoh yang mendampingi wawali pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa Kota Tomohon saat ini telah menjadi contoh pengembangan florikultura untuk kerja sama kawasan secara nasional.

Di mana, kata dia, tanaman bunga yang ada di Kota Tomohon dikenal luas menjadi komoditi agrobisnis yang bernilai ekonomi tinggi, sebagai salah satu sumber penyedia lapangan kerja dan penggerak ekonomi daerah, khusus kalangan petani bunga.

“Sebagai Kota Bunga, tentu pemkot telah melaksanaan berbagai upaya mengembangkan tanaman bunga dan memberdayakan masyarakat petani, sekaligus memperhatikan pengembangan bunga di Kota Tomohon,” ungkapnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Lomba Stand Pameran Bunga. Stand Pameran Bunga Kota Tomohon pun meraih juara II dan mendapatkan piala, serta piagam penghargaan yang diserahkan oleh Asdep Pangan Kemenko Perekonomian Budi Marwoto.

Turut hadir pula mendampingi wawali pada kegiatan tersebut Asisten Umum Corry Caroles, Kadis Lingkungan Hidup Novi A.H Politon, TP PKK Kota Tomohon, serta Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman: mari kita jaga suasana tetap kondusif

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Masyarakat pun diminta untuk menerima apapun yang dihasilkan oleh para penyelenggara Pemilu tersebut dan kembali menyatukan perbedaan yang ada.

Seperti yang diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dia mengatakan, pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari pusat hingga daerah telah terlaksana dengan baik.

Menurut Eman, saat ini merupakan waktu untuk meninggalkan segala perbedaan yang tercipta dalam Pemilu lalu.

“Kami, pemerintah bersama Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon berharap, agar pasca-pesta demokrasi, suasana kondusif dapat terjaga,” ungkap Eman, di sela-sela Sosialisasi dan Dialog Sinergitas para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di aula Homestay Walian, Selasa (21/5/2019).

Eman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berimplikasi hukum dan dapat menimbulkan keresahan, serta ketidaktentraman, hingga meruntuhkan semangat persatuan di Kota yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia ini.

“Mari sama-sama kita jaga kerukunan, kesatuan dan persatuan yang sudah lama tercipta di Kota yang kita cintai ini. Semoga Kota Tomohon dapat menjadi berkat di Sulawesi Utara ini,” harapnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending