Connect with us

Zona Tomohon

Lolowang Ikuti Launching English For Indonesia

Published

on

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Sebagai bahasa internasional, tentunya Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek, baik pendidikan, pariwisata dan bidang lainnya menuju kemajuan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tomohon diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, Selasa (2/10/2018), mengikuti kegiatan Launching English For Indonesia yang diselenggarakan oleh British Council Indonesia and British Embassy Jakarta. Turut bersama Lolowang, International Office Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon masing-masing Jeremia Engelita Wakas, Pascal Monareh, Victor Mongi.

English For Indonesia adalah sebuah kampanye untuk membantu masyarakat Indonesia agar bisa belajar dan mengajar bahasa Inggris lewat materi online yang gratis dan tersedia untuk semua kalangan umur, mulai dari anak, remaja, hingga dewasa/profesional, serta guru.

British Council Indonesia merupakan organisasi Internasional asal Inggris untuk hubungan pendidikan dan budaya dan telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah beberapa waktu lalu.

Menurut Lolowang, program ini sangat penting sebagai upaya peningkatkan mutu pendidikan.

“Ini juga adalah salah satu cara pemerintah dalam pembaharuan sistem pendidikan yakni melalui peningkatan kualitas guru sehingga berdampak pada kualitas pendidikan, pengatuhuan dan ketrampilan siswa siswi/anak didik, sebagai modal utama untuk memasuki era ekonomi global,” katanya seraya menambahkan dengan lancar berbahasa Inggris, bisa mengikuti kegiatan apa saja di tingkat Internasional.

Hadir sebagai narasumber dalam Talkshow Launching English For Indonesia, Duta Besar Indonesia ASEAN Timor Leste Moaazam Malik, Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri SAg MSi, Director of British Council Indonesia Paul Smith, penulis, dosen, unsur pendidik dan seniman.

 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Dikbud Tomohon kembangkan kurikulum PAUD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbud) mulai mengembangkan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal tersebut pun akan berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (10-12/7/2019), di AAB Guest House Matani.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat O D S Mandagi saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, kurikulum merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Tujuannya, kata dia, untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional  berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 tahun 2003.

“Guru harus memahami hal yang sangat mendasar dari kurikulum dan pengembangannya. Sehingga, guru mempunyai tanggung jawab terhadap tercapainya tujuan kurikulum. Guru juga harus mengembangkan bahan ajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kota Tomohon Juliana Dolvien Karwur mengatakan, tujuan kurikulum anak usia dini di Indonesia adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas yang diperlukan oleh anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada tahapan berikutnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com