bar-merah

Nikmati Layanan e-Boarding Pass di Bandara Samrat

MANADO, ZONAUTARA.com – Maskapai Garuda Indonesia beberapa waktu lalu telah mengimplementasikan e-Boarding Pass di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado.

Kini, layanan tersebut bisa dinikmati oleh para calon penumpang dari maskapai Citilink, Lion Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, serta Silk Air.

Fasilitas itu pun secara resmi bisa dinikmati sejak Jumat (5/10/2018).

Sama dengan proses e-Boarding Pass dari Garuda Indonesia, para calon penumpang dapat menggunakan e-Boarding Pass yang didapat setelah melakukan proses web check in di masing-masing website maskapai.

Di mana, para calon penumpang yang tidak membawa bagasi hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta e-Boarding Pass dari ponsel atau tanpa perlu dicetak kepada petugas, untuk selanjutnya dapat langsung menuju ruang tunggu.

“Penggunaan e-Boarding Pass dari Garuda Indonesia di Bandara Sam Ratulangi pada Jumat (21/9) lalu tidak mengalami hambatan. Kini dari maskapai lainnya telah mulai mengimplementasikan sistem e-Boarding Pass ini. Semoga adanya sistem ini mampu mengurangi antrian di check-in counter, mengurangi penggunaan kertas, dan juga mempermudah calon penumpang yang tidak mempunyai bagasi untuk dapat langsung menuju boarding gate,” ungkap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado
Minggus E.T Gandeguai.

Adapun, kata dia, layanan web check in dari masing-masing maskapai dapat dilakukan melalui website :
– Garuda Indonesia : https://checkin.si.amadeus.net/1ASIHSSCWEBGA/sscwga/checkin?ln=en
– Citilink : https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx
– Lion Air dan Wings Air : http://www.lionair.co.id/booking-and-services/web-check-in
– Batik Air : https://www.batikair.com/en/Checkin
– Silk Air : https://www.silkair.com/en_UK/plan-and-book/your-booking/checkin/

Layanan web check in umumnya dapat dilakukan mulai dari 48 hingga 1,5 jam atau 24-2 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Para calon penumpang yang ingin menikmati layanan ini, lanjut Minggus, harus membaca ketentuan dan jadwal web check-in dari masing-masing maskapai yang tentunya berbeda-beda.

Selain web check-in, kata dia, beberapa maskapai telah memiliki fasilitas pendukung lainnya untuk check in, seperti mobile check in yang dapat didownload melalui App Store dan Play Store.

Calon penumpang yang telah melakukan check-in melalui Web atau Mobile Check-in akan mendapatkan tanda bukti lapor diri berbentuk e-Boarding Pass dalam beberapa bentuk file, yaitu file pdf yang dikirimkan melalui email serta e-Boarding Pass yang dikirimkan melalui SMS/Wallet Smartphone penumpang.

File e-Boarding Pass yang telah dimiliki dapat digunakan sebagai dokumen penerbangan tanpa harus mencetak kembali dalam bentuk hardcopy atau kertas.

“Meskipun layanan e-Boarding Pass sudah mulai diterapkan di beberapa bandara lainnya, namun bentuk sinergi dengan beberapa maskapai untuk menghadirkan layanan e-Boarding Pass ini merupakan bagian dari upaya kami meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dan memudahkan calon penumpang untuk melakukan check in di mana saja, namun tentunya harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh masing-masing maskapai,” ujar Minggus.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com