Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Ekonomi dan Bisnis

Nikmati Layanan e-Boarding Pass di Bandara Samrat

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Maskapai Garuda Indonesia beberapa waktu lalu telah mengimplementasikan e-Boarding Pass di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado.

Kini, layanan tersebut bisa dinikmati oleh para calon penumpang dari maskapai Citilink, Lion Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, serta Silk Air.

Fasilitas itu pun secara resmi bisa dinikmati sejak Jumat (5/10/2018).

Sama dengan proses e-Boarding Pass dari Garuda Indonesia, para calon penumpang dapat menggunakan e-Boarding Pass yang didapat setelah melakukan proses web check in di masing-masing website maskapai.

Di mana, para calon penumpang yang tidak membawa bagasi hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta e-Boarding Pass dari ponsel atau tanpa perlu dicetak kepada petugas, untuk selanjutnya dapat langsung menuju ruang tunggu.

“Penggunaan e-Boarding Pass dari Garuda Indonesia di Bandara Sam Ratulangi pada Jumat (21/9) lalu tidak mengalami hambatan. Kini dari maskapai lainnya telah mulai mengimplementasikan sistem e-Boarding Pass ini. Semoga adanya sistem ini mampu mengurangi antrian di check-in counter, mengurangi penggunaan kertas, dan juga mempermudah calon penumpang yang tidak mempunyai bagasi untuk dapat langsung menuju boarding gate,” ungkap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado
Minggus E.T Gandeguai.

Adapun, kata dia, layanan web check in dari masing-masing maskapai dapat dilakukan melalui website :
– Garuda Indonesia : https://checkin.si.amadeus.net/1ASIHSSCWEBGA/sscwga/checkin?ln=en
– Citilink : https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx
– Lion Air dan Wings Air : http://www.lionair.co.id/booking-and-services/web-check-in
– Batik Air : https://www.batikair.com/en/Checkin
– Silk Air : https://www.silkair.com/en_UK/plan-and-book/your-booking/checkin/

Layanan web check in umumnya dapat dilakukan mulai dari 48 hingga 1,5 jam atau 24-2 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Para calon penumpang yang ingin menikmati layanan ini, lanjut Minggus, harus membaca ketentuan dan jadwal web check-in dari masing-masing maskapai yang tentunya berbeda-beda.

Selain web check-in, kata dia, beberapa maskapai telah memiliki fasilitas pendukung lainnya untuk check in, seperti mobile check in yang dapat didownload melalui App Store dan Play Store.

Calon penumpang yang telah melakukan check-in melalui Web atau Mobile Check-in akan mendapatkan tanda bukti lapor diri berbentuk e-Boarding Pass dalam beberapa bentuk file, yaitu file pdf yang dikirimkan melalui email serta e-Boarding Pass yang dikirimkan melalui SMS/Wallet Smartphone penumpang.

File e-Boarding Pass yang telah dimiliki dapat digunakan sebagai dokumen penerbangan tanpa harus mencetak kembali dalam bentuk hardcopy atau kertas.

“Meskipun layanan e-Boarding Pass sudah mulai diterapkan di beberapa bandara lainnya, namun bentuk sinergi dengan beberapa maskapai untuk menghadirkan layanan e-Boarding Pass ini merupakan bagian dari upaya kami meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dan memudahkan calon penumpang untuk melakukan check in di mana saja, namun tentunya harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh masing-masing maskapai,” ujar Minggus.

Editor : Christo Senduk

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ekonomi dan Bisnis

Ingin belajar bangun Startup?, wajib ikut event ini

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Indonesia telah memiliki empat perintis unicorn startup, yang terus dilirik investor asing. Unicorn adalah istilah yang disematkan bagi perusahaan rintisan dengan valuasi diatas USD 1 miliar.

Dengan bonus demografi yang sangat besar, iklim startup Indonesia terus tumbuh signifikan. Saban saat berbagai perusahaan rintisan dan aplikasi startup bermunculan.

“Kota Manado sudah sepantasnya mengambil bagian dalam momentum ini dengan menumbuhkembangkan minat masyarakat dalam membentuk startup baru,” ujar Patrice Sagay yang mengawangi Sarang Inovasi.

Sarang Inovasi yang mengelola coworking space di Manado akan menggelar event Startup Weekend pada tanggal 24-26 Mei 2019 di Sarang Inovasi Coworking Space, Hotel Grand Puri. Event ini sangat penting bagi siapa saja yang sedang berkeinginan membangun startup.

Startup Weekend sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Techstar yang merupakan organisasi seed accelerator. Program ini bertujuan menggerakkan masyarakat lokal di masing-masing negara untuk membentuk ekosistem startup.

Peserta Startup Weekend ditantang memaparkan ide startupnya. Ide terbaik akan dipilih oleh peserta lain sehingga akan terbentuk tim dengan lintas keahlian, yang kemudian akan bekerja dengan bimbingan mentor yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Tim yang terbentuk itu kemudian akan membuat produk startup yang dipresentasikan di hadapan juri.

Manado merupakan satu dari enam kota yang akan menggelar Startup Weekend, yang total jam pertemuannya berlangsung selama 54 jam.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memacu keinginan dari masyarakat Manado untuk berinovasi dan turut serta dalam membangun ekosistem startup, sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia lokal dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Patrice.

Patrice menambahkan, peserta terbuka untuk umum baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja lepas maupun pegawai kantor.

Untuk pendaftaran bisa langsung dilink ini: http://bit.ly/SWmanado1 atau kontak organizer di nomor layanan 089699456007 (Enca). Informasi lain yang berhubungan dengan kegiatan ini dapat juga diikuti di akun Instagram @startupweekend_manado dan FB Page Startup Weekend Manado.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending