Connect with us

Zona Tomohon

Bawaslu Tomohon Buka Posko Pengaduan Daftar Pemilih

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon terus mengawal hak pemilih untuk disalurkan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Salah satunya, dengan membuka Posko Pengaduan Data Pemilih Pemilihan (P2DP2).

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan melalui Anggota Bawaslu Steffen Linu.

“Pembukaan posko pengaduan tersebut merupakan upaya untuk mengawal dan menjaga hak pilih warga negara, khususnya yang ada di Kota Tomohon,” ungkap Steffen, Selasa (16/10/2018).

Menurut dia, poin-poin yang bisa dilaporkan di posko tersebut, yakni pemilih yang belum perekaman E-KTP, sudah perekaman tapi belum terdaftar di DPTHP, pemilih yang berencana pidana ke tempat lain, pemilih yang sudah meninggal, pemilih yang sudah berumur 17 tahun, pemilih yang tidak memenuhi syarat dan pemilih yang elemen informasinya salah.

“Posko pengaduan ini sistemnya break down dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga kelurahan. Di Kota Tomohon saat ini sementara diupayakan
di tingkat kelurahan, melalui Panwaslu Kelurahan masing-masing,” katanya.

Pihaknya pun menghimbau bagi pemilih potensial yang belum melakukan perekaman dan belum masuk dalam DPTHP agar segera melakukannya.

“Sehingga, mempunyai kesempatan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Bawaslu Kota Tomohon siap mengawal prosesnya,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Bapaslon perseorangan ini naiki ‘bendi’ datang ke KPU Tomohon

Published

on

Bapaslon perseorangan Robert Pelealu dan Sello Soekirno menaiki delman saat datang ke KPU. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan pemasukan syarat dukungan untuk bakal pasangan calon (bapaslon) yang akan melalui jalur perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon telah dibuka sejak 19 Februari 2020 lalu.

Satu bapaslon perseorangan pun telah menyatakan diri maju melalui jalur tersebut. Bapaslon tersebut, yakni Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno.

Syarat dukungan pasangan dengan jargon RoSa ini pun diserahkan kepada KPU Tomohon, Sabtu (22/2/2020).

Menariknya, saat menuju ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan yang berlatarbelakang Jaksa dan TNI ini menaiki kendaraan tradisional delman atau bendi.

Terpantau, kedua bapaslon perseorangan yang menaiki delman tersebut dikawal oleh puluhan pendukung mereka yang mayoritas memakai pakaian putih tersebut.

Tiba di KPU, bapaslon perseorangan ini langsung mengisi daftar hadir serta registrasi.

Lima Komisioner KPU Tomohon yang diketuai Harryanto Lasut menerima langsung kehadiran bapaslon perseorangan ini.

Diketahui, berdasarkan keputusan KPU Tomohon, bahwa syarat minimal dukungan yang harus dimasukkan oleh bapaslon perseorangan sebanyak 7.097.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com