Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Eman Ingatkan Perangkat Daerah Soal Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Inspektorat Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Tomohon, di Hotel Four Points Manado, Kamis (18/10/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman saat membuka kegiatan mengatakan, proses koordinasi harus dipahami sebagai komitmen untuk pencapaian tujuan pembangunan daerah Kota Tomohon.

Menurut Eman, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, melalui Inspektorat Kota Tomohon dalam bidang pengawasan telah menetapkan rencana strategis, yakni kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3 dan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3.

Hal tersebut, kata dia, merupakan suatu budaya atau kultur pengendalian (control culture) yang menjadi bagian dari budaya kerja organisasi.

“Kami pun mengimbau kepada setiap Perangkat Daerah untuk wajib menyelenggarakan SPIP secara menyeluruh, sehingga program dan kegiatan yang telah disusun dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan, serta pertanggungjawaban keuangan dan kinerja menjadi akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Pihaknya pun mengapresiasi dan menyambut baik capaian Inspektorat Kota Tomohon yang telah mencapai kapabilitas APIP pada level 3 dengan catatan dan menjadi satu-satunya Inspektorat kabupaten/kota di Provinsi Sulut dalam capaian tersebut.

Sementara itu, Inspektur Kota Tomohon Djouke Karouw mengatakan, koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan suatu keharusan dan suatu kebutuhan bagi aparat pengawas.

“Karena mustahil kita dapat melaksanakan pengawasan secara sendiri tanpa adanya dukungan dan bantuan dari aparat lainnya,” pungkasnya.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan ini Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut Hengky Kwin Hatmaka bersama Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang.

Hadir juga Asisten Perekonomian Max Mentu, bersama Asisten Umum Setda Kota Tomohon Corry Caroles, dengan peserta para Kaban, Kadis, Camat dan Kepala Bagian Setda Kota Tomohon.

Di sela kegiatan dilakukan penandatanganan rencana aksi KPK oleh para perwakilan Kepala Perangkat Daerah, bersama Wali Kota.

Dalam kesempatan itu pun turut dilaksanakan ibadah syukur HUT ke-59 dari Inspektur Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman: mari kita jaga suasana tetap kondusif

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Masyarakat pun diminta untuk menerima apapun yang dihasilkan oleh para penyelenggara Pemilu tersebut dan kembali menyatukan perbedaan yang ada.

Seperti yang diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dia mengatakan, pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari pusat hingga daerah telah terlaksana dengan baik.

Menurut Eman, saat ini merupakan waktu untuk meninggalkan segala perbedaan yang tercipta dalam Pemilu lalu.

“Kami, pemerintah bersama Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon berharap, agar pasca-pesta demokrasi, suasana kondusif dapat terjaga,” ungkap Eman, di sela-sela Sosialisasi dan Dialog Sinergitas para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di aula Homestay Walian, Selasa (21/5/2019).

Eman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berimplikasi hukum dan dapat menimbulkan keresahan, serta ketidaktentraman, hingga meruntuhkan semangat persatuan di Kota yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia ini.

“Mari sama-sama kita jaga kerukunan, kesatuan dan persatuan yang sudah lama tercipta di Kota yang kita cintai ini. Semoga Kota Tomohon dapat menjadi berkat di Sulawesi Utara ini,” harapnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending