Eman Ingatkan Perangkat Daerah Soal Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Inspektorat Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Tomohon, di Hotel Four Points Manado, Kamis (18/10/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman saat membuka kegiatan mengatakan, proses koordinasi harus dipahami sebagai komitmen untuk pencapaian tujuan pembangunan daerah Kota Tomohon.

Menurut Eman, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, melalui Inspektorat Kota Tomohon dalam bidang pengawasan telah menetapkan rencana strategis, yakni kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3 dan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3.

Hal tersebut, kata dia, merupakan suatu budaya atau kultur pengendalian (control culture) yang menjadi bagian dari budaya kerja organisasi.

“Kami pun mengimbau kepada setiap Perangkat Daerah untuk wajib menyelenggarakan SPIP secara menyeluruh, sehingga program dan kegiatan yang telah disusun dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan, serta pertanggungjawaban keuangan dan kinerja menjadi akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Pihaknya pun mengapresiasi dan menyambut baik capaian Inspektorat Kota Tomohon yang telah mencapai kapabilitas APIP pada level 3 dengan catatan dan menjadi satu-satunya Inspektorat kabupaten/kota di Provinsi Sulut dalam capaian tersebut.

Sementara itu, Inspektur Kota Tomohon Djouke Karouw mengatakan, koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan suatu keharusan dan suatu kebutuhan bagi aparat pengawas.

“Karena mustahil kita dapat melaksanakan pengawasan secara sendiri tanpa adanya dukungan dan bantuan dari aparat lainnya,” pungkasnya.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan ini Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut Hengky Kwin Hatmaka bersama Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang.

Hadir juga Asisten Perekonomian Max Mentu, bersama Asisten Umum Setda Kota Tomohon Corry Caroles, dengan peserta para Kaban, Kadis, Camat dan Kepala Bagian Setda Kota Tomohon.

Di sela kegiatan dilakukan penandatanganan rencana aksi KPK oleh para perwakilan Kepala Perangkat Daerah, bersama Wali Kota.

Dalam kesempatan itu pun turut dilaksanakan ibadah syukur HUT ke-59 dari Inspektur Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.