Connect with us

Zona Tomohon

Irup Hari Sumpah Pemuda, Ini Kata Wali Kota Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-90, di Stadion Babe Palar Tomohon, Senin (29/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Eman membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi.

Dia mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang mengambil tema Bangun Pemuda, Satukan Indonesia. Di mana, tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dalam kerangka NKRI.

“Revolusi mental yang dicanangkan oleh bapak Presiden RI Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju, ciri pemuda maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Eman, revolusi mental harus dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju, sehingga bisa menghasilkan bangsa yang hebat.

“Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak sia-sia dalam mengubah dunia,” teriak Eman.

Eman dalam kesempatan juga menyerahkan uang pembinaan kepada atlet yang meraih medali pada Porprov Minahasa.

Tampak hadir Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly A. Sompotan, Anggota DPD RI Stevanus BAN Liow, Ketua DPRD Kota Tomohon Miky J.L. Wenur, jajaran FKUB Kota Tomohon, tokoh-tokoh pemuda, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Tokoh agama disebut ujung tombak penanganan konflik sosial

Published

on

Rakor Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comTokoh agama dan masyarakat dinilai merupakan ujung tombak dalam penanganan konflik sosial di masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dengan Tokoh Masyarakat se-Kota Tomohon, di Anugerah Hill, Rabu (23/10/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, tokoh agama dan memiliki peran paling penting dalam menciptakan keamanan.

“Itu disampaikan di setiap acara,
sampaikan di mimbar. Itu yang paling di dengar,” ujar Eman.

Menurut Eman, hal itu diamatinya selama beberapa tahun terakhir.

“Bagaimana mereka bisa menemukan suasana, bagaimana mereka bisa mengajak, bagaimana mereka bisa mengajak untuk mendukung program pemerintah,” katanya.

Namun begitu, lanjut Eman, yang utama dalam menciptakan suasana yang aman itu adalah seluruh masyarakat.

Sehingga, Eman pun meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari konflik sosial.

“Kunci keberhasilan juga ada di jemaat dan umat. Mari kita saling menginstrospeksi diri dan saling mengingatkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan membentuk Tim Terpadu Penanganan Konflik yang bertugas untuk mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan dan mengawasi penanganan konflik dalam skala Kota Tomohon.

Selain itu, tim ini juga bertugas untuk memberikan informasi kepada publik tentang terjadinya konflik dan upaya penanganannya, serta melakukan upaya pencegahan melalui sistem peringatan dini.

“Mereka juga akan bertugas untuk menyikapi berbagai gangguan keamanan di Kota Tomohon secara dini dan mengantisipasi berbagai ancaman yang potensial dan nyata di daerah,” pungkasnya.

Turut hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan ini Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo, Wakapolres Tomohon Kompol Deesy Bolang, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Tomohon Dian Subdiana, serta Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara Robby Tombokan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com