Connect with us

Zona Tomohon

Tatakelola Pemerintahan Baik, Tomohon Terima Penghargaan APN

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kota Tomohon menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018 di sela-sela kegiatan yang bertema Membangun Tata Kelola dan Budaya Pemerintahan yang Bersih, akhir pekan lalu di Jakarta.

Piagam penghargaan diterima Kabag Hukum Setda Kota Tomohon Denny Mangundap mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, yang diserahkan Dirjen Otda Soni Sumarsono, mewakili Mendagri, sedangkan untuk piala diserahkan H Boediono yang merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009–2014, sekaligus Ketua Dewan Penasihat Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

APN merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tatakelola terbaik, serta
pemimpin inovatif, yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosiol-ekonomi
melalui reformasi tata kelola, yang didasari dari penilaian secara tahunan dari Yayasan Pengembangan Tata Kelola Indonesia melalui IIPG.

Kota Tomohon adalah salah satu nominator penerima penghargaan dalam ajang itu dan merupakan satu-satunya pemerintah daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang mendapat penghargaan tersebut.

Pemberian penghargaan ini juga bertujuan untuk
menginspirasi seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk ‘Berdiri Tegak Jadi Pandu Ibu Pertiwi’.

Terpisah, Wali Kota Eman mengatakan, kinerja dan tata kelola yang baik merupakan komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam pelaksanaan pemerintahannya.

Selamat, kata Eman, pastinya hal tersebut berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

“Penghargaan ini juga kami peroleh tentu atas dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tomohon dalam menyukseskan berbagai program-program yang ada,” kata Eman.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman hadiri Forum APCS di Brisbane, bahas pengembangan Citynet

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menghadiri Forum Asia Pacific Cities Summit (APCS) 2019, di Brisbane, Australia 7 hingga 10 Juli 2019.

Dalam forum tersebut, dibahas terkait pengembangan kota-kota anggota Citynet, yakni terkait ragam inovasi dan juga solusi untuk kenyamanan dalam transportasi, sehingga meminimalisir kemacetan.

Dalam forum tersebut, peserta memperoleh pembekalan dalam pengembangan kota cerdas, dengan mencontohi Kota Ipswich di Australia yang begitu sukses dalam menerapkan Kota Cerdas, sehingga menjadi tujuh kota top sebagai pemimpin global dalam penerapan inovasi untuk mengembangkan transformasi ekonomi dan sosial.

“Kota Tomohon fokus membahas Smart City, inovasi publik, pengembangan kepariwisataan dan transportasi, serta kegiatan lainnya,” ujar Eman melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Jhon Kapoh

Menurut dia, dalam forum tersebut pun Wali Kota Eman juga akan menyampaikan informasi terkait promosi pelaksanaan TIFF 2019 yang menunjang kepariwisataan nasional, sekaligus pengembangan Kota Cerdas Tomohon.

Peserta yang hadir dalam forum ini, yakni Wali Kota dari berbagai negara Asia Pasifik seperti Korea, China, Jepang, India, Malaysia dan Indonesia hadir.

Sedangkan dari Indonesia, selain Wali Kota Tomohon juga dihadiri Wali Kota Bogor, Wali Kota Ambon, Wali Kota Denpasar, Wali Kota Banjarmasin, serta sejumlah Wali Kota lainnya dari Provinsi Sumatera, Kalimantan, NTB yang mewakili Komisariat Wilayah Apeksi di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Eman didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, sejumlah pejabat di jajaran Pemkot Tomohon dan sejumlah Anggota DPRD Kota Tomohon.

Diketahui, Dewan Kota Brisbane mengoperasikan sebanyak 21 Armada CityCats dan sembilan Feri Monohull (termasuk City Hoppers).

Jaringan 25 terminal terbentang dari The University of Queensland di StLucia (UQSt Lucia), hingga Northshore Hamilton.

Model transportasi modern mendukung laju pembangunan dan pengembangan kota. Contoh dan praktik terbaik tentu dapat diterapkan untuk kesejahteraan kota.Masyarakat diharapkan mendukung dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dan sementara dilaksanakan.

Sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Australia menghadirkan jaringan transportasi umum kelas dunia, Dewan Brisbane memperkenalkan SpeedyCats pada September 2018.

SpeedyCats menyediakan 100 layanan jam sibuk ekspres setiap minggu. Contoh yang baik dapat diterapkan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com