Connect with us

Zona Minsel

Dari Mata Air Alam, Embung Desa Talaitad Utara Siap Tunjang PAD

Published

on

zonautara.com

MINSEL, ZONAUTARA.com – Warga Desa Talaitad Utara, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), patut berbangga dan bergembira. Pasalnya, dalam wakru dekat Bupati Minsel direncanakan bakal meresmikan embung desa yang berada di desa tersebut.

Saat ini kondisi embung desa telah rampung 100 persen. Embung desa adalah kolam wisata pemandian, yang diperuntukan baik bagi para pengunjung, maupun warga setempat.

Camat Suluun-Tareran (Sultar), Veky Rondonuwu saat ditemui Zona Utara, di sekitar lokasi Embung Desa, Selasa (6/11/2018), mengatakan bangga dengan lokasi wisata tersebut.

“Saya senang sekaligus bangga atas keberadaan embung desa ini, ” ujar Rondonuwu.

Menurutnya, ini membuktikan bahwa pemerintah desa, telah berupaya dengan baik untuk membangun desanya. Jeli melihat serta mengembangkan potensi alam yang mereka miliki.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, lokasi ini dapat segera diresmikan penggunaannya oleh bupati,” ujar Rondonuwu.

Rondonuwu juga agar desa-desa yang lain dapat mengikuti jejak yang telah dilakukan Kepala Desa Talaitad Utara, terutama pengembangan potensi alam yang dimiliki desa.

Sementara itu Kepala Desa Talaitad Utara Nixon Rorong menjelaskan, bahwa keberadaan embung desa selain untuk mengembangkan potensi wisata alam desa, kehadirannya juga berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami telah mengatur keberadaan lokasi tersebut, sebagai salah satu penunjang PAD lewat Peraturan Desa,” kata Rorong.

Embung desa Talaitad Utara ini dibangun dengan sumber dana APBN Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi, dengan total anggaran sebesar Rp 270 juta.

Lokasi ini berbentuk kolam mandi yang berukuran 10×20 meter.
Dengan kedalaman bervariasi, mulai dari satu hingga tiga meter. Disesuaikan dengan keinginan para pengunjungnya.

Sumber airnya pun berasal dari sumber mata air setempat.
Selain sebagai sarana tempat pemandian bagi para pengunjung, airnya juga bisa disalurkan ke lahan pertanian sawah, maupun kolam ikan yang di sekitar lokasi tersebut.

Untuk menuju lokasi ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun berjalan kaki, dengan jarak tempuh sekitar 1.1 km dari portal yang terletak di Jaga IV Talaitad Utara.

Editor: Ronny Adolof Buol

Zona Minsel

GMIM Wilayah Amurang 3 gelar Pemilihan Remaja Teladan, ini hasilnya

Published

on

MINSEL, ZONAUTARA.com – Pemilihan Remaja Teladan (Retel) GMIM Wilayah Amurang 3 telah berakhir dengan digelarnya malam final pada Jumat (1/3/2019) minggu lalu.

Malam final itu digelar di GMIM Kanaan Pinaling Amurang yang diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua BPMJ Pdt Olga Manorek Pangkey MTh, yang juga dilanjutkan dengan pengutusan tim juri yang terdiri dari Pnt Steven Rondonuwu, Pnt Pricilia Tangel dan Christian.

Ketua KPRS GMIM Pnt Michaela Paruntu dalam sambutannya mengatakan, finalis remaja teladan diharapkan tetap menjadi teladan di manapun pergi dan berada.

“Sesungguhnya keteladanan itu bukan hanya saat mengikuti pemilihan seperti ini, tapi teladan itu tetap dibawa kemanapun kalian pergi dan berada,” tegas Ka Mikha, sapaan akrab Pnt Michaela.

Sementara itu Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Amurang 3 Pdt Stien Rondonuwu MTh, didampingi Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah (KPRW) Pnt Haris Sedua menyambut positif kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini harus ditopang karena sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak remaja,” tegas Pdt Stien.

Ketua Panitia Pemilihan Eva Aruperes menjelaskan sebanyak 72 peserta telah melalui serangkaian tes yang diawali dengan tes tertulis di GMIM Setia Kudus Pondang.

“Dari 72 peserta itu kemudian disaring menjadi 15 peserta putra dan 17 peserta putri untuk tes wawancara. Kemudian didapat 10 pasang peserta untuk karantina dan maju sebagai finalis Retel Wilayah Amurang 3 ini,” jelas Eva.

Akhirnya setelah melewati berbagai tahapan, terpilih Jeremi Lelemboto (Kanaan Pinaling) dan Fheronica Senduk (Kanaan Pinaling), sebagai Remaja Teladan.

Hasil Lengkap Retel Wilayah Amurang 3

Wakil 1 Putra Putri
Kristian Katihokang (SetiaKudus)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)
Wakil 2 Putra Putri
Lukas Sinolungan (Makedonia Lopana)
Inka Supu (Betlehem Ranomea)
Harapan 1 Putra Putri
Koresy Ochotan (Makedonia Lopana)
Nadin Olii (Betlehem)
Harapan 2 Putra Putri
Josua Bujung (Koinonia)
Beauty Singal (Koinonia)
Harapan 3 Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Gabriella Mamesah (Makedonia Lopana)
Intelegensia Putra Putri
Natanael Buhang (SetiaKudus)
Angelina Umboh (Talitakum Pondang)
Persahabat Putra Putri
Reinhard Sunkudon (Makedonia Lopana)
Jessica Rumondor (Makedonia Lopana)
Berbakat Putra Putri
Fabian Polii (Koinonia)
Putri Soselisa (Kanaan pinaling)
Cinta Lingkungan Putra Putri
Anjelo Sigar (Koinonia)
Edelweis Tumbelaka (Betlehem)
Favorit Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)

Continue Reading
Advertisement

Trending