Loading...
Copy

Dari Mata Air Alam, Embung Desa Talaitad Utara Siap Tunjang PAD

zonautara.com

MINSEL, ZONAUTARA.com – Warga Desa Talaitad Utara, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), patut berbangga dan bergembira. Pasalnya, dalam wakru dekat Bupati Minsel direncanakan bakal meresmikan embung desa yang berada di desa tersebut.

Saat ini kondisi embung desa telah rampung 100 persen. Embung desa adalah kolam wisata pemandian, yang diperuntukan baik bagi para pengunjung, maupun warga setempat.

Camat Suluun-Tareran (Sultar), Veky Rondonuwu saat ditemui Zona Utara, di sekitar lokasi Embung Desa, Selasa (6/11/2018), mengatakan bangga dengan lokasi wisata tersebut.

“Saya senang sekaligus bangga atas keberadaan embung desa ini, ” ujar Rondonuwu.

Menurutnya, ini membuktikan bahwa pemerintah desa, telah berupaya dengan baik untuk membangun desanya. Jeli melihat serta mengembangkan potensi alam yang mereka miliki.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, lokasi ini dapat segera diresmikan penggunaannya oleh bupati,” ujar Rondonuwu.

Rondonuwu juga agar desa-desa yang lain dapat mengikuti jejak yang telah dilakukan Kepala Desa Talaitad Utara, terutama pengembangan potensi alam yang dimiliki desa.

Sementara itu Kepala Desa Talaitad Utara Nixon Rorong menjelaskan, bahwa keberadaan embung desa selain untuk mengembangkan potensi wisata alam desa, kehadirannya juga berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami telah mengatur keberadaan lokasi tersebut, sebagai salah satu penunjang PAD lewat Peraturan Desa,” kata Rorong.

Embung desa Talaitad Utara ini dibangun dengan sumber dana APBN Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi, dengan total anggaran sebesar Rp 270 juta.

Lokasi ini berbentuk kolam mandi yang berukuran 10×20 meter.
Dengan kedalaman bervariasi, mulai dari satu hingga tiga meter. Disesuaikan dengan keinginan para pengunjungnya.

Sumber airnya pun berasal dari sumber mata air setempat.
Selain sebagai sarana tempat pemandian bagi para pengunjung, airnya juga bisa disalurkan ke lahan pertanian sawah, maupun kolam ikan yang di sekitar lokasi tersebut.

Untuk menuju lokasi ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun berjalan kaki, dengan jarak tempuh sekitar 1.1 km dari portal yang terletak di Jaga IV Talaitad Utara.

Editor: Ronny Adolof Buol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.