bar-merah

Sollar Cell Terangi Desa Talaitad Utara

MINSEL, ZONAUTARA.com – Meski telah memiliki fasilitas penerangan yang tenaga listriknya dipasok oleh PLN, namun Desa Talaitad Utara, Kecamatan Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), ternyata juga memiliki fasilitas penerangan jalan, yang bersumber dari tenaga surya atau Sollar Cell.

Hal ini terpantau di ruas jalan raya desa tersebut. Di mana, sejumlah tempat terlihat telah terpasang tiang penerangan lampu jalan yang digerakkan tenaga surya.

Kepala Desa Talaitad Utara Nixon Rorong saat ditemui Zona Utara di ruang kerjanya, Jumat (9/11/2018), mengakui keberadaan lampu-lampu jalanan tersebut.

“Memang benar ada empat titik yang dipasangi lampu jalan yang memakai tenaga surya,” ujar Rorong.

ZONAUTARA.com

Menurut Rorong, keempat tiang lampu tersebut dipasang di empat Jaga yang berada di desa tersebut.

Dia menjelaskan, bahwa fungsi dari lampu-lampu tersebut selain sebagai penerangan alternatif seandainya listrik padam, juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan bagi pengguna jalan.

“Kalau listrik padam, desa kami langsung diselimuti kegelapan, apalagi desa ini berdampingan dengan area perkebunan rakyat,” kata Rorong.

Menurut dia, sejak hadirnya listrik tenaga surya di desanya tersebut, keamanan serta kenyamanan hidup warganya semakin terjamin, kecelakaan jalanan dan ancaman terjadinya tindak pidana terminimalisir dan teratasi.

Dia menambahkan, keberadaan listrik tenaga surya ini sudah lebih dari satu tahun.

“Listrik tenaga surya ini sudah terpasang semenjak tahun 2015, yang dianggarkan lewat Dana Desa. Sampai saat ini, semuanya masih berfungsi dengan baik,” pungkas Rorong.

Penulis : Gary Kaligis
Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com