Kompetensi Guru SMP Terus Ditingkatkan

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman menegaskan, kewajiban pendidik adalah menciptakan pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.

“Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang sistem pendidikan Nasional,” ujar Eman saat membuka kegiatan pelatihan kompetensi tenaga pendidik SMP, di AAB Guest House Tomohon, Senin (12/11/2018).

Eman menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional pendidikan, pasal 28 ditegaskan pula bahwa pendidik adalah agen pembelajaran yang harus memiliki beberapa jenis kompetensi diantaranya kepribadian, profesional serta kompetensi sosial.

Menurut dia, kompetensi tersebut merupakan suatu tuntutan bagi seorang guru.

“Kami berharap, melalui kegiatan pelatihan kompetensi tenaga pendidik saat ini, para guru akan memperoleh sesuatu yang berharga dalam rangka meningkatkan mutu berkaitan dengan pendidikan sehingga berdampak baik dalam kemajuan sumber daya manusia terlebih untuk para pelajar,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Dikbud Kota Tomohon Juliana D Karwur menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar guru memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolahnya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini diharapkan guru-guru mampu menjelaskan konsep dan menyusun program penguatan pendidikan karakter di sekolah,” terang Karwur.

Kesempatan itu, Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang turut memberikan materi bersama unsur Dinas Pendidikan Provinsi Sulut. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini, diikuti oleh para guru pembina kegiatan ekstrakurikuler antara lain guru PJOK, guru seni budaya, dan guru agama.

Tampak hadir anggota DPRD Kota Tomohon Piet Pungus dan Djemmy Sundah.

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.