Connect with us

ZONA DAERAH

Survei Setara Institute, Tomohon masuk 10 kota paling toleran di Indonesia

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setara Institute mengumumkan hasil survei yang dilakukan terhadap tingkat toleransi di Indonesia, dalam acara penganugerahan ‘Kota Toleran 2018’, yang digelar di Hotel Ashley Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Hasilnya, Kota Tomohon menjadi satu dari 10 Kota di Indonesia yang merupakan kota paling toleran berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2018.

Tomohon dinilai sebagai salah satu kota yang berhasil mempraktikkan toleransi paling baik, dengan perolehan skor 5,833 atau peringkat ke-8 dari sebanyak 94 kota yang ada di Indonesia.

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ini diterima Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold Lolowang didampingi Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Theodorus Paat, bersama Ketua dan Sekretaris FKUB Kota Tomohon Pdt Fonny Roring dan Pdt Jein Aray-Mangundap.

Sekkot dan jajaran FKUB Tomohon bersama Mendagri. (Foto: Humas Pemkot)

Ketua Setara Institute Hendardi menjelaskan, tujuan penetapan indeks ini antara lain untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya masing-masing.

Dia menjelaskan, pihaknya memberlakukan empat kriteria agar sebuah kota layak dianggap toleran, yakni pemerintah kota memiliki regulasi yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi, pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota tersebut kondusif, tingkat peristiwa dan pelanggaran kebebasan keberagamaan rendah atau tidak ada sama sekali dan upaya dalam tata kelola keberagaman identitas keagamaan warganya dapat dinilai baik.

Sementara itu, Mendagri pun mengapresiasi penganugerahan Kota Toleran 2018 oleh Setara Institute ini.

“Ini sesuatu hal yang menarik, bahwa mengingatkan kepada kita, Indonesia adalah negara yang majemuk. Kita merdeka karena adanya berbagai agama, suku, golongan, bahasa, etnis, budaya menjadi satu Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Tjahjo.

Terpisah, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman bersama Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengaku bersyukur atas penganugerahan terhadap Kota Tomohon sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia.

“Capaian ini tentu oleh karena adanya kerukunan, serta hidup toleran yang telah terbina selama ini, baik di tengah keberagaman agama, maupun di tengah masyarakat Tomohon pada umumnya,” ujar Eman.

Dia berharap, kerukunan antarumat beragama dan masyarakat, serta hidup bertoleransi di Kota Tomohon yang juga Kota Religius ini tetap terus dibina dan dipertahankan, sehingga terwujudnya masyarakat yang aman, damai dan sejahtera.

Berikut ini daftar dan peringkat skor 10 kota paling toleran :
1. Singkawang (6.513)
2. Salatiga (6.477)
3. Pematang Siantar (6.477)
4. Manado (6.030)
5. Ambon (5.960)
6. Bekasi (5.890)
7. Kupang (5.857)
8. Tomohon (5.833)
9. Binjai (5.830
10. Surabaya (5.823)

Editor : Christo Senduk




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Basarnas Manado gelar upacara HUT ke-74 RI

Published

on

Upacara bendera di kantor SAR Manado. (Foto: Humas SAR Manado)

MINUT, ZONAUTARA.comPeringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar berbagai pihak dengan Upacara Bendera, Sabtu (17/8/2019).

Salah satunya Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado atau Basarnas di halaman kantor SAR Manado, Kaasar, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado Gede Darmada memimpin langsung upacara yang dihadiri seluruh pegawai kantor SAR Manado bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Dia mengatakan, seluruh aparatur untuk mempertahankan kinerja yang profesional, melaksanakan respon time yang telah ditetapkan, maksimalkan publikasi dan pembinaan terhadap organisasi-organisasi potensi SAR, seperti para relawan, pencinta alam, organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat lainnya, dengan tetap bersinergi terhadap stake holder terkait.

“Terus bekerja, menuju Basarnas unggul, menuju Indonesia unggul,” ujarnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan keakraban berupa lomba-lomba yang telah diselenggarakan sejak beberapa hari yang lalu.

DWP dan anak-anak juga turut memeriahkan dengan ikut serta dalam perlombaan, seperti balap karung, balap kelereng, merias dengan mata tertutup, makan kerupuk dan aneka lomba lainnya.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com