Wanita ini berusia 109 tahun, karena menjauhi laki-laki

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Kebanyakan orang berasumsi agar bisa berumur panjang dengan menjalani gaya hidup sehat. Sebagian besar orang juga pasti akan menemui centenarian (orang yang hidup lebih dai 100 tahun) demi dapat rahasia berpijak di bumi lebih lama lagi.

Seperti hasil sebuah survei dari Amerika centenarian yang dijalankan oleh Holiday Retirement pada tahun 2015. Beberapa centenarian pun berasumsi soal makan makanan sehat dan berolahraga. Lainnya setuju umur panjang ada di pohon keluarga, kalau orang-orang tua di keturunan kita hidup umur panjang, kita juga bisa menikmati hadiah kehidupan itu. Bahkan ada satu centenarian, Susanna Mushatt Jones, yang mengklaim bahwa makan bacon adalah alasan dia bisa hidup selama 116 tahun.

Rahasia lain termasuk menghabiskan waktu bersama keluarga, menghemat uang, tidak lari dari masalah, dan tetap aktif secara fisik.

Menariknya, seorang manula berusia 109 tahun asal Skotlandia, Jessie Gallan mengutarakan jawaban yang mengesankan bagaimana Ia dapat hidup selama itu.

“Rahasia saya untuk hidup lama adalah hidup menjauh dari pria. Mereka itu hanyalah masalah,” kata Gallan.

Dia juga menambahkan makanan sebagai komponen lainnya untuk menikmati hidup lebih lama.

Gallan tidak selalu mencakup poin-poin survei yang disebutkan di atas tetapi ia memang menjalankannya. Dia adalah seorang individu yang aktif bersosial, namun hidup jauh dari laki-laki membuatnya tinggal lebih lama di bumi.

Gallan lahir di sebuah peternakan di Kintore, Skotlandia pada tahun 1906. Dia memiliki lima saudara perempuan dan satu saudara laki-laki. Mereka dibesarkan di sebuah pondok kecil dengan dua kamar di dalamnya. Mereka tidur di kasur bersama jerami. Gallan hanya bisa sekolah sebentar sebelum pergi bekerja di dapur pertanian.

Dia kemudian bekerja di kota sebagai pembantu rumah tangga pengusaha kaya. Akhirnya, ia memulai karirnya di industri jasa, baik di dalam negeri maupun di kota.

Ketika dia bertambah tua, Gallan pindah ke Crosby House, sebuah panti jompo untuk para manula. Salah satu pekerja pendukung di panti jompo mengatakan, “Jessie adalah wanita cantik. Dia mempunyai sahabat bernama Sarah Jane, dan mereka selalu bersama. Gallan memiliki ketertarikan pada musik dan menyukai kelas senamnya. Dia juga merupakan orang yang sangat mandiri, dan suka berjalan-jalan.”

Dilihat dari pribadinya yang baik, centenarian ini terdengar menghargai usia tuanya untuk menjadi aktif dan rajin menjalani kehidupan sosial.

Gallan meninggal pada Maret 2015 tetapi dia meninggalkan rahasia untuk umur panjang yang belum pernah didengar sebelumnya.

Sumber: Mon-child.net

Editor: Ronny Adolof Buol